Monday, January 13, 2020

Seberapa Hebat Kamera Asus ROG Phone 2?



         Asus ROG Phone 2 ini menurut saya menjadi best gaming phone di akhir tahun 2019. Selain tampilan fisiknya yang gaming banget, statistik performanya berada di deretan teratas berdasarkan pengukuran antutu, bahkan processor Snapdragon 855 plus yang tersemat pada hp ini menjadi processor terkuat di penghujung tahun 2019. 
        Kali ini, ga bakalan bahas performa game-nya yang ga usah diragukan lagi, melainkan soal kualitas kameranya.

VIDEO UNBOXING



        Klo kalian ingat video Asus Zenfone 6 yang pernah di-publish, saya sangat terkesan dengan konfigurasi kameranya. Nah kali ini, set up kamera belakang pada Asus ROG Phone 2, bisa dibilang sama dengan Asus Zenfone 6. Apalagi sudah ter-update pake processor Snapdragon 855 plus yang secara pasti sudah mendukung fitur HDR+, rekam 4K HDR dengan bokeh dan tentunya bisa merekam hingga 480 fps.

 

        Kamera utama berukuran 48MP aperture f/1.79 dengan ukuran lebar pixel 1.6 micron dan juga pake sensor sony imx586.. ya sensor kamera terbaik saat ini. Definisi gampangnya, lensa ini bisa nangkep cahaya lebih banyak lagi sehingga memungkinkan minim noise saat foto dalam keadaan low light. Saya sendiri terpukau dengan warna dan detail yang dihasilkan kamera utamanya ini, ditambah autofocus yang cepet bikin betah foto2 terus. Nah klo foto2 dekat seperti ini, pasti auto bakal dapet bokeh yang mulus.






        Lensa kedua berukuran 13MP aperture f/2.4, lensa ultra wide dengan sudut pandang hingga 125 derajat.  Dari hasil foto yang dihasilkan, tone warna hampir sama dengan kamera utamanya, bentuk fotonya simetris tidak nampak lonjong.




        Fitur di kamera belakang ini masih sama dengan fitur kamera Asus Zenfone 6.. Ada fitur hdr+,  ini yang bikin detail hasil fotonya lebih tajam, warna lebih kuat dengan dynamic range yang lebih tinggi. Biasanya klo di hape-hape kurang mumpuni, fitur hdr ini paling lama processing-nya. Tapi ga berlaku buat ROG Phone 2 yang saya pegang ini, karena prosesnya relatif cepat, salah satunya berkat duet dengan Ram 8GB dan Rom 128GB. Ada juga fitur motion tracking, dimana focus akan mengikuti objek yang sedang bergerak, lalu ada  fitur slow mo, teknisnya fitur ini meningkatkan fps pada video untuk mendapatkan gerakan yang lebih mulus saat dibikin lambat, Sehingga  memerlukan cahaya lebih besar, jd saya sarankan ujicoba saat siang hari.



       Fitur malam dan mode pro nya pun ada, dalam kondisi kurang cahaya pun bisa mengahasilkan foto yang natural dan lebih detail.




       Lanjut ke kamera depan tersemat lensa berukuran 24MP aperture f/2.0, untuk hasil fotonya terbilang cukup baik, cerah dan terlihat natural.



        Nah bagian akhir, untuk rekaman videonya, kalian bisa pilih kualitas video hingga resolusi 4K 60fps, tapi saat ini sebagian besar saya menggunakan resolusi fhd 60 fps saja, lalu hp ini juga support video stabilization dan video format h.264 yang pada umumnya dipakai sama youtube atau jika ingin lebih menghemat memory bisa pakai encoder h.265.
         Asus ROG Phone 2 ini jadi hape idaman banget bagi gayafone, tampilan yang gahar laki banget ditambah spesifikasi yang terlalu sadis di semua lini. Punya performa maen game yang handal, teknologi audio yang komplit plus kualitas audio dengan 2 speaker yang ajib banget.



        Berikutnya baterai jumbo 6000 mAh yang mampu bertahan 15 jam lebih dengan aktifitas normal dan kamera yang cakep dengan segala fiturnya.. so.. kembali lagi keputusannya kepada kalian…. ini hanya pengalaman saya memegang ROG Phone 2 ini.

VIDEO REVIEW




EmoticonEmoticon