Thursday, January 9, 2020

Hal Yang Menarik Saat Kamu Beli Xiaomi Redmi Note 8


       Ga terasa sudah 2 bulan saya pake smartphone ini.. Sekarang saatnya sharing unek2 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 8. 

VIDEO UNBOXING 




        Dimulai dari fisiknya feel digenggaman Redmi Note 8 ini nyaman..lebih handy karena pinggiran frame body dibuat tanpa ada sudut, slim dan berasa pas bobotnya. Nah kali ini varian Redmi Note 8 dibekali proteksi gorilla glass 5 ,untuk layar bagian depan dan di cassing belakang yang berbahan kaca. Khusus warna hitam, pantulan bayangan yang sempurna terasa lebih kalem tapi bagi saya warna ini lebih terkesan flat, monoton.. terlalu mainstream, kalo boleh saya saranin mending warna neptune blue dan moonlight white karena efek warnanya yang lebih stylist..tapi..kembali lagi tergantung selera kalian.


       Bagian depan terhampar layar seluas 6.3in beresolusi FHD yang menurut saya sudah terbilang cukup tajam, sudut pandang yang baik, warna memanjakan mata. Meski di harga selevel hp ini sudah ada pesaing yang pake layar amoled, tapi ini sudah terasa cukup banget buat nonton film ataupun maen game dengan rasio layar pada body hingga 81.7%. Btw ngomongin proteksi gorilla glass 5-nya ni agak sedikit kurang ok klo udah ketemu kerikil ato kunci pas hape masuk kantong, karena rentan sekali dengan goresan. 




       Update di Bulan Desember Redmi Note 8 kebagian miui 11 dengan basic android masih versi 9 ato android pie, untuk satu ini saya salut sama Xiaomi yang rajin beri update system. Dari segi tampilan ga terlalu banyak ada perubahan dari versi miui sebelumnya, disini juga ada fitur : 
- Dark mode, fitur yang hits saat ini, tinggal sentuh di bagian quick settingnya. 
- Fitur2 lainnya yang bikin hp ini menarik masih ada fitur Raise to wake, ngebantu banget klo tangan lagi basah mo cek notifikasi. 
- Double tap to wake. 
- Pengaturan warna layar biar lebih ramah dengan mata. 
- Pengganti tema. 
- Dual application 
- Pengunci aplikasi 
- Ada juga fitur special : game turbo, quick replies dan second space.
        Jika kali pengguna kartu Smartfren, hp ini juga support fitur volte bahkan slot sim 1 dan slot sim 2 support dual 4G. 


       Beralih ke dapur pacu, saking banyaknya hape yang pake Snapdragon 665, seolah2 processor ini jadi primadona baru di kelas midle end; ada Oppo A5 dan A9 2020, Realme 5, vivo S1 Pro bahkan Xiaomi Redmi Note 8 yang saya pegang ini pakai processor yang sama. Diduetkan dengan ram 6GB dan rom 128GB menjadikan hp ini lebih enak bermultitasking, aktivitas sehari2 seperti chatting, browsing pun menurut saya lebih dari cukup, apalagi kapasitas penyimpanan jumbo seperti ini leluasa simpan data gambar atau lainnya tanpa khawatir cepat habis. 


      Klo liat video performa gaming Redmi Note 8 tempo lalu yang sudah dipublish malah kurang powerfull dibanding Redmi Note 7. Processor yang terbaru ini lebih mengutamakan efisiensi suhu hape biar adem dan mengoptimalkan daya tahan baterai. 



       Ga ingin ketinggalan dengan kompetitor lainnya Redmi Note 8 ikut-ikutan pake 4 kamera belakang sekaligus, konfigurasi lensanya pun termasuk keren di kelasnya. Kemera utama 48MP aperture f/1.8 dengan tipe wide, lalu 8MP f/2.2 lensa ultrawide, 2MP, f/2.4 untuk macro camera dan 2MP f/2.4 untuk efek bokehnya, sedangkan kamera depan berukuran 13MP f 2.0 dengan bantuan fitur screen flash untuk cahaya tambahan saat selfie di ruang gelap. 
        Di menu aplikasi kameranya sudah lengkap dengan beberapa mode seperti slow motion, video, portrait, mode pro, fitur hdr, macro dan lainnya. Hanya saja untuk pilihan mode wide-nya lebih baik langsung tampil saja iconnya di tampilan utama, bukan hanya sekedar titik saja agar lebih memudahkan. 


       Saat kondisi terang kedua kamera ini terbilang baik, produksi warna yang ditampilkan cakep.. detail yang tajam.. apalagi tambahan fitur hdr-nya yang bikin warna lebih keluar… 



       Kalo hasil foto 48MP menurut saya ga terlalu beda dengan hasil mode photo secara auto jika dilihat hanya di layar hape saja, perlu sedikit dizoom.. nanti kelihatan bedanya.


      Untuk tipe foto dekat seperti ini, bakal auto bokeh karena bukaan lensa utama yang cukup besar,  warnanya pun terlihat vibran.


        Nah klo foto hasil lensa makro ketajaman lebih detail tapi mengorbankan warna yang terlihat pucat.


        Tiba di malam hari atau suasana sedikit redup kualitas foto seringnya berbeda2 kadang warna pada foto sedikit miss atau kurang stand out, klo ambil fokus yang tepat dan setingan xposure yang pas hasil fotonya pun bakal bagus. 


        Owh yah.. kamera hp ini juga mendukung burts shoot atau lebih populernya dikenal zero delay shutter, fitur ini memungkinkan pengambilan foto lebih cepat dan berguna banget buat capture benda bergerak. 
       Ngomongin soal rekam video Redmi Note 8 punya fitur image stabilization yang bikin hasil videoya lebih stabil, video encoder-nya sudah support h.264 yang biasa dipakai Youtube dan pilihan h.265 untuk konversi data lebih kecil dengan kualitas yang sama bagusnya. Sedangkan resolusinya bisa diatur hingga 4k 30fps, tapi disini saya atur di fhd 60 fps saja biar lebih smooth saat diatur speed-nya jadi lebih lambat, dan juga rekam videonya ini support bokeh juga loh.. 
      Dari semua hal yang menarik, ada beberapa yang dirasa kurang sreg menurut saya. Yang pertama desain kamera yang terlalu menonjol, kadang riskan tergores kacanya saat hp disimpan dalam keadaan terlentang, lalu desain lekukan bagian fingerprint terlalu datar kadang klo tanpa case bawaanya agak susah meraba-raba bagian fingerprint ini. Yang ketiga pada awalnya respon keyboard bawaan hp ini sering delay, selalu harus hapus cache aplikasinya, tapi setelah update system kemarin sampai sekarang saya belum menemukan delay lagi..


      Klo soal audio sih menurut saya terbilang cukup enak didengar jika volume di-setting ga tralu full. Okay dipenghujung tulisan ini, semoga informasi tadi menambah referensi kalian saat mau beli hp baru yah.

VIDEO REVIEW



EmoticonEmoticon