Monday, January 20, 2020

Review vivo Y19, Kini Makin Ganteng Aja


        Yang kita kenal varian Y dari vivo ini biasanya dipasarkan untuk kelas mainstream ato low end user.. desain dan spesifikasinya tergolong standar banget,, flat ga teralu special. Tapi itu dlu, varian terbaru kali ini beda banget. 
        Dalam kemasan penjualan kita dapet free staterpack kartu Smartfren (Cakep nih), lalu buku manual dan sim ejector, dapet softcase juga, lumayan... selanjutnya ada vivo Y19-nya sendiri, sticker imei,  lanjut kabel data berwarna putih dan terakhir charger yang support 18W dual-engine fast charging, disini output-nya 5v 2 ampere , 9v 2 ampere.


        Seakan naik tahta vivo Y19 ini di mata saya terlihat cakep ga kalah dengan seri flaghship-nya. Dimulai dari desain cassing belakang berbahan polycarbonate ini jika dilihat lebih dekat punya detail tekstur yang apik, ga keliatan flat banget, sentuhan glossy ala kaca dan refleksi cahayanya bikin hape ini keliatan elegan. Feel di tangan sih masih nyaman yah, berkat lekukan bagian sampingnya ini.
        Di sisi kanan ada tombol power dan volume, bagian atas polosan saja, sisi kiri ada ruang simcard yang sudah mendukung triple slot, lalu ke sisi paling bawah lubang jack audio 3.5m, lubang microphone, port charger micro usb dan lubang grills speaker.


        Nah selain takjub dengan desain belakang, layar vivo Y19 ini tergolong punya frame yang cukup tipis loh, seingat saya frame tipis seperti ini sama dengan varian V di hp vivo lainnya. Layar terbentang 6.53 inch ultra all screen beresolusi FHD+ yang punya screen to body hingga 90.3%,  tingkat kecerahan layarnya terang banget jadi bisa diandal-in saat buka hp di bawah terik matahari.  Punya layar lebar, sudut pandang baik, warna tajam dan detail begini enak banget nonton film atau drakor favorit.



        Operasi sistem vivo Y19 berbasis android yang sudah terupdate versi 9 atau android pie, balutan tampilan funtouch os 9.2 versi terbaru ini banyak fitur yang ditawarkan. salah satunya yang menjadi favorit fitur darkmode, tampilan kekinian seperti ini tinggal sekali tap pada quick setting, cepet dan mudah banget. Ada fitur easy touch, fitur semacam shortcut, geser dari samping disini kalian bisa atur tools ato aplikasi yang sering dipakai. Lanjut ada dynamic effects, disini kalian bisa setting animasi saat unlock hapenya atau animasi ketika ngecas. Berikut ada fitur kloning aplikasi cocok banget nih buat yang punya 2 nomor whatsapp dan ga lupa ada fitur pengganti tema, biar tampilan tetep fresh setiap hari. Sedangkan untuk keamanan hp, vivo Y19 ini juga dibekali sensor fingerprint,  responnya akurat dan terbilang cepat, selain itu juga ada face recognition yang responnya sama2 terbilang cepat.




      Di bagian dapur pacu hape ini ditenagai processor octo-core Mediatek P65 yang diduetkan memory jumbo Ram 6GB dan Rom 128GB, waw...bikin ngiler nih. Klo diukur Antutu versi 8, vivo Y19 ini dapet score cukup lumayan sekitar 184rban dan klo kalian penasaran kelengkapan sensornya nih saya cek lewat sensor box, ada gyro juga yah. Makin cakep nih ber-multitasking, main game hingga nyimpen data foto atau video lebih banyak lagi ga perlu khawatir memory kehabisan. Btw ngomongin performa nge-game, saya main game call of duty mobile salah satu game populer saat ini, saya atur dulu fitur ultra game mode-nya, block notification biar maen game tetep fokus ga terganggu notif masuk, disini  grafisnya diatur dengan setingan default saja, terlihat detail masih tajam, efek game mulus... meski beberapa menit main gameplay-nya masih terbilang lancar dan stabil..


       Untuk menopang semua aktivitas hp saat nge-game, nonton film dan lainnya vivo Y19 ini dibekali baterai badak sebesar 5000mAh.. Buat keperluan aktivitas gayafone sih bisa tahan seharian,  full nonstop streaming youtube bisa tahan sekitar 13 jam. Owh ya ga sekedar tahan lama, hp ini juga support dual engine fast charging, butuh waktu sekitar 2 jam saja ngecas dari 0 sampe 100 persen.
       vivo Y19 ini juga support reverese charging yang mana bisa dijadi-in powerbank, ngebantu banget klo hape temen kalian ngedrop atau baterai sekarat.
       Di sektor akhir pada bagian kamera belakang diberikan detail warna emas yang menawan, tersemat Ai Triple Camera dengan konfigurasi 8MP Ai Super Wide Angle plus buat efek bokehnya, 16MP kamera utama dan 2MP untuk kamera makro yang bersebelahan dengan led flash. Sedangkan untuk kamera depan, tersemat 16MP.


        Dalam aplikasi kameranya sekarang lebih mudah lagi saat pilih mode kamera, tinggal tap saja, langsung bisa kalian pilih mode mana yang akan dipakai. Kalau kalian ingin lebih pro lagi bisa setting ke pengaturan pro dan atur fungsi profesional-nya.
       Nah buat kamu kamu ingin fotonya selfie lebih terlihat cakep lagi, coba deh mode portrait, lalu pilih posture atau pose master, disini bisa pilih gaya foto kalian, nanti secara auto diberi arahan pose-nya. Selain itu bisa coba fitur face beauty disini kalian bisa atur warna kulit bikin jadi tirus, mengecilkan dan membesarkan mata, bahkan membuat bibir terlihat sensual.
      Setingan default pada kamera jika telihat di layar terlalu terang banget, kalian tinggal tekan dilayar lalu turunkan exposure-nya. Untuk foto daylight saya terkejut dengan hasil fotonya yang punya warna cukup akurat, fitur hdr backlight-nya bantu banget foto seperti ini.



        Apalagi kalau kalian suka foto2 makro dan bokeh, pengambilan fokusnya terbilang cepat dan hasil bokehnya rapih.



        Dikondisi agak lowlight jika di-setting secara auto di beberapa situasi bakal keliatan noise, disini saya atur expousre-nya lebih rendah, biar detail lampu terlihat dan pastinya tanpa led flash biar lebih natural



        Untuk kamera selfie-nya tergolong punya jangkauan yang luas, meskipun pake efek beauty sekalipun detail rambut, janggut bahkan kumis masih terlihat detailnya, Hanya saja noise-nya kerasa banget saat di kondisi lowlight.



        Pada bagian resolusi rekam video, vivo Y19 ini bisa diatur hingga FHD saja, tapi cakepnya bisa ngerekam video dengan efek bokeh loh. Tips nya gampang sih... sebelumnya pilih kamera, klik fokus pada objek hingga bokeh, lalu langsung pilih mode rekam video, dan langsung rekam.

VIDEO


       vivo Y19 ini menawarkan peningkatan spesifikasi yang signifikan dibanding varian sebelumnya. bisa dibilang cukup banget di semua lini spek nya. Desain cakep, kemilau nan elegan ala flagship vivo, performa yang bisa diandalkan, hingga fitur Ai Triple Camera yang jarang banget ada di kelas mainstream.. Okay.. sampai disini saja sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 


EmoticonEmoticon