Tuesday, January 28, 2020

Review vivo Y12, Udah Turun Harga Nih


        Mungkin sekitar 5 bulan lalu kalian pernah lihat beberapa ulasan hp ini di website lain dengan harga hape masih normal sekitar 2.1-jutaan, di bulan Januari 2020 ini turun harga jadi 1.7juta-an saja, bagaimana ? kira-kira recommended ?? kita cek dulu apa saja yang ada dalam paket penjualannya.
   Setelah kita buka segel, didalamnya ada box kecil lagi, disini ada buku panduan dan softcase, selanjutnya vivo y12 ya sendiri, kertas imei, sim ejector, kepala charger dengan output 5v 2A dan kabel data micro usb.


     Dimulai dari segi desain,, vivo tetap memberikan sentuhan casing belakang yang menarik layaknya flagship mereka meski hp ini di level mainstream, warnanya kekinian dengan polesan gradasi. Materialnya bukan kaca melainkan polycarbonate tapi mantul bisa secantik ini, pinggiran frame dibentuk membulat sehingga pengalaman digengaman lebih nyaman. 
       Sebelah kanan ada tombol power dan volume, bagian atas polosan saja, disebelah kiri ada ruang simcard yang sudah nganut sistem triple slot, sedangkan dibagian paling bawah ada lubang jack audio 3.5mili, lubang microphone, lubang charger dan lubang speaker. Balik kebelakang, sebelah kiri atas dengan bingkai detail warna emas Ai triple camera, lensa utama 13MP aperture f2.2, 8MP aperture f2.2 lensa ultrawide dan lensa ketiga 2MP aperture f2.4 untuk efek bokehnya. Selanjutnya geser kebawah ada led flash dan sensor fingerprint. Lanjut lagi kebagian depan. terbentang layar 6.35in beresolusi HD+ ultra all screen yang sudah punya rasio 19.3:9, menurut saya detail dan warnanya pun masih terbilang tajam dan punya sudut pandang yang baik, nah paling atas layar nyempil earpice dan kamera selfie 8MP aperture f2.2. Untuk keseluruhan fisiknya sih terbilang ok dikelasnya, meski berasa agak besar tapi masih handy dan cukup pas bobotnya.


     Operasi sistem sudah berbasis android versi 9 atau android pie, seperti biasa vivo memakai tampilan UI Funtouch OS. Di hape ini pun juga sama ada beberapa fitur yang biasanya terdapat di hape vivo lainnya, seperti pengganti tampilan atau tema, smart motion, smart split, app clone buat kloning aplikasi, selanjutnya ada fitur jovi, ultra game mode dan yang ga kalah kerennya ada fitur dark mode-nya. Nah untuk kelengkapan sensornya ada gyro dan magnetic juga loh.



       Soal keamanan sensor fingerprint yang tersemat di hape ini terbilang responsif banget, begitu juga dengan face unlock-nya. vivo Y12 ditenagai processor octacore Mediatek P22, ram 3GB dan rom 64GB, ya memory cukup pas untuk kebutuhan penyimpanan saat ini. Kombinasi dapur pacu hp ini mampu menembus score Antutu 92rb-an, bukan score yang tinggi tapi sudah mampu melibas game call of duty mobile dengan grafis low dan frame rate di medium dengan cukup lancar, jangan lupa setting ultra game mode-nya biar lebih maksimal. 



        Karena ditopang baterai jumbo 5000 mAh hape ini salah satu hape dengan daya tahan baterai yang lama, penggunaan sehari2 saya pun masih bisa tahan sehari lebih. Soal kualitas audio meski ga semerdu suara Raisa dan ga selantang suara Judika..so far masih enaklah didengar.. 


      Selanjutnya untuk fitur kamera disini ada fitur HDR, portrait, wide angle, mode beauty, panorama, pro dan lainnya. sedangkan untuk mode rekam video kamera belakang ini, mampu hingga resolusi FHD. Nah kamera depannya juga sama ada fitur hdr, portrait dan lain-lain.





        Defaultnya saat ngambil foto di beberapa situasi, biasanya terlalu over exposure, kalian perlu atur turunkan exposure-nya dengan cara ditekan di tengah layar, lalu geser ke bawah, owh yah untuk hasil foto lensa widenya terbilang simetris. Berikut ini hasil fotonya, saat disiang hari foto yang dihasilkan terbilang cakep, asal fokus dan exposure pas bakal bikin fotonya terlihat keren. 




       Nah klo sedikit lowlight atau malam hari.. saat HDR aktif, tangan kita harus stabil saat ngambil gambar, biar foto nampak lebih detail, ga blur dan minim noise. Untuk rekam video terlihat shacky.
      Okay di penghujung ulasan, vivo Y12 ini jadi salah satu pilihan buat kalian dengan budget terbatas yang ingin punya hape bertampang cakep, layar lebar dan daya tahan baterai yang cetar.  Semoga informasi tadi jadi bahan masukan buat kalian yang lagi cari hape baru. Sekian sampai jumpa di ulasan selanjutnya.

VIDEO



EmoticonEmoticon