Friday, May 19, 2017

REVIEW DOOGEE SHOOT 1, Tak Perlu Mahal Untuk Fitur Dua Kamera Bokeh



        Terkenal Sebagai vendor ponsel yang sedang berkembang di china, doogee selalu mengikuti desain dan fitur ponsel yang lagi ngetren..salah satu nya doogee shoot 1 yang saya dapatkan langsung dari GearBest.com

PENGEMASAN

        Kotak atau Box dari Doogee Shoot 1 berwarna dengan kualitas bahan yang kokoh, Tampilan awal langsung disuguhkan dengan gambar ponsel berkamera 2 lensa. Berikut isi dari paket Doogee Shoot 1 : 
  • Handset/Device
  • Kabel Data 
  • Charger
  • Buku Panduan dan Sim Ejector
  • Anti Gores Tambahan
  • Softcase  


UNBOXING


DESAIN DAN BODY

        Desain kekinian yang dibawakan oleh doogee shoot 1 memang sangat menggoda, menganut model unybody dengan bentuk ponsel yang memanjang. Dimulai dari sentuhan cat metalik yang mampu menghilangkan kesan plastik  pada bagian belakang ponsel.  Dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 4x pun, mata ini tertipu mana asli metalik mana plastik.


        Dibelakang ada aksen garis yang melintang, dual kamera yang sedikit menonjol  dan penyematan logo doogee yang katanya ini di claim di desain di spanyol. Beralih ke bagian samping kanan ada tombol power dan ruang simcard, bagian atas ada lubang jack audio, samping kiri ada tombol volume, dan bagian bawah posisi paling ideal ada  lubang speaker bagian kanan, lubang usb charger dan microphone. Memerlukan adaptasi untuk posisi volume yang sudah terbiasa di sebelah kanan.


        Layar terbentang seluas 5.5in beresolusi FHD dari sharp ini, mendukung layar melengkung 2.5D glass  GFF full lamination yang menjaga layar tersebut memberikan ketajaman warna serta  responsif yang baik, bagian atas terdapat kamera depan, receiver dan range sensor, bagian bawah ada tombol home sekaligus fingerprint  serta tombol menu dan back yang dibentuk titik saja. Top deh untuk keseluruhan desain ini.



        Ketebalan body dan bobot ponsel masih terbilang cukup, tidak tebal atau pun tipis, meskipun berbahan plastik, tapi feel nya tetep kerasa solid, masih nyaman digengam apalagi dengan tambahan softcase, meminimalisir kelicinan ponsel ini.

SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Sistem operasi  android yang ditanamkan adalah versi marsmallow tanpa custom icon ataupun tampilan tema lainnya. Aplikasi yang terpasang masih dianggap wajar tidak terlalu banyak bloatware ataupun aplikasi berbahasa china. Owh yah.. meskipun ponsel ini hp pabrikan dr china, jangan khawatir rom yang dipakai sudah versi global, ada bahasa Indonesianya, ada fitur-fitur menarik pada ponsel ini, seperti :
  • Fast download, untuk mengoptimalkan kecepatan download dengan menggabungkan wifi dan kuota bersamaan.
  • Fitur Gesture, seperti finger gesture, motion, smart motion dan gesture wake, salah satu contoh nya, double tap 2 wake, menuliskan huruf C saat layar keadaan sleep akan tertuju pada aplikasi kamera, slide 3 jari untuk mengambil screenshoot, slide 2 jari untuk ganti wallpaper,motion gesture ala legenda Samsung S4 juga ada.
  • Fitur lainnya scanner barcode, power saver untuk pengoptimalan batere saat mulai habis, seperti super mode dan extreme mode.
  • Fitur gawat darurat, dimana dengan pencet 3 jari pada tombol ponsel akan otomatis mengirim pesan yang telah kita buat ke kontak-kontak yang sudah kita daftarkan pada menu ini.
  • One hand mode, bila ponsel ini telalu lebar  bisa menggunakan fitur ini supaya mudah menggunakannya.
  • Layar mode malam, yang bisa kalian akses di recent apps, sekejap layar akan meredup.
  • Live display, pengaturan kecerahan cahaya layar ataupun penyesuaian warna layar yang kita inginkan.
  • Bagian multimedia, tentunya terganggu sekali saat kita menonton film favorit ada notif pesan atau email yang masuk, kita bisa jadikan dua layer, sambil nonton dan sambil cek email.

 


HARDWARE

        Pada sektor inti, ponsel ini hanya ditenagai oleh procesor quadcore Mediatek MTK6737T dan kartu grafis MaliT720-MP2, namun dengan kombinasi memori ram 2GB dan internal rom 16GB serta sistem operasi yang tidak memerlukan kinerja berat, ponsel ini sangat smoot dan lancar sekali. Perpindahan page, multitasking aplikasi banyak pun berjalan lancar, game-game sekelas maze runner,  motor rider, ninja arashi semua bisa berjalan dengan lancar, namun saat test game agak berat seperti  NBA 2017, terlihat kinerja procesor dan GPU kewalayah, sering terjadi lag disini. Dan yang sangat mengganggu, suhu ponsel saat bermaen game ini cukup panas.

 
        Beralih fitur hardware lainnya, ponsel ini sudah mendukung USB OTG, namun untuk melihat isi data pada usb, kalian tidak bisa mengaksesnya lewat folder manager tapi bisa di cek langsung pada bagian storage, atau notif USB diatas bar.
        Jaringan internet ponsel ini sudah mendukung 4G LTE, namun sayang tidak semua operator bisa, sesuai deskripsi dalam buku panduan, frekuensi band ponsel tidak mendukung Smartfren 4G, meski terdeteksi smartfren, tapi sinyal tidak nampak. Selain itu ponsel ini menganut sim hybrid dimana serpeti biasa kalian harus memelih dual sim tanpa micro sd, ato single sim dengan micro SD.
        Selanjutnya bagian yang menarik perhatian adalah sensor  fingerprint di depan layar yang bekerja cukup cepat sekali, hanya sekali sentuh saat ponsel keadaan sleep. layar akan terbuka langsung..so ga perlu pencet2 dulu. Sensor lainnya, meskipun sensor gyro absen pada ponsel ini, setidaknya ada sensor geomagnetic dan sensor kompas yang mampu menuntun kalian untuk move on dari rumah sang mantan.

 
        Khusus bagian audio, meski di klaim stereo speaker tapi serasa kurang nendang, KLIK DISINI untuk mendengar hasil test-nya.
        Segala aktivitas ponsel ini ditopang dengan baterai 3300mAh, memang tidak terlalu cukup besar, ponsel ini dapat bertahan lama skitar 8 jam saat keadaan stanby layar menyala terus. Untuk kegiatan sehari-hari yang cukup intensif ponsel ini mampu bertahan sekitar 5 jam saja. Lama pengisian daya hingga full dengan charger bawaan 5 vol 2 Ampere selama 2 setengah jam, tidak terlalu cepat padahal mereka meklaim charger ini support fast charge.




KAMERA

        Bagian paling menarik perhatian selain fingerprint tadi, ponsel dengan harga 1.5jutaan saja sudah memiliki dua kamera belakang, lensa 13MP sensor samsung dan 8MP yang dipadukan dengan dual led flash.  Fitur-fitur dan efek manual kamera cukup bervariasi, mengatur pencahayaan, efek suasana, bahkan anti shake pun ada. Khusus video, ponsel ini ada fitur EIS yang mampu menghaluskan goyangan saat merekam video. Khusus lensa  tidak terlalu istimewa karena aperture kedua lensa ini f2.2 dan 2.4, tentunya akan terlihat banyak noise saat foto dalam penerangan yang kurang, namun fitur bokeh pada ponsel ini cukup menarik perhatian. Saat pengambilan foto dalam ruangan secara auto, mulai agak aneh dengan warna warna yang terlalu mencolok, klo kata om obat gaptek hasilnya terlalu gonjreng, perlu di setting khusus secara manual. 
        Hal serupa pada kamera selfie berlensa 8MP,  untuk suasana dalam keadaan gelap, cukup terlihat noise nya, saat pengambilan di luar ruangan cukup telihat bagus, tapi saat memakai efek beauty muka jadi berubah menjadi merah muda tapi jangan khawatir, itu hanya terlihat di layar ponsel saja, jika dipindahkan ke komputer hasilnya cukup baik.

KAMERA DEPAN
NORMAL MODE : OUTDOOR
NORMAL MODE : INDOOR

OUTDOOR : BEAUTY MODE
OUTDOOR : BEAUTY MODE
KAMERA BELAKANG
NORMAL MODE : OUTDOOR
BOKEH MODE : OUTDOOR

NORMAL MODE : INDOOR
HDR MODE : INDOOR

NORMAL MODE : INDOOR
HDR MODE : INDOOR

         Kesimpulan gayafone untuk ponsel ini?
  • Paling utama adalah Desain stylist, terlihat premium dan elegan
  • Dengan harga relatif murah kalian akan mendapatkan fitur kekinian dan pengalaman baru dengan dual kamera, fingerprint, Layar tajam dengan resolusi Full HD serta jaringan terkini 4G LTE.
  • Sistem yang bekerja optimal, mampu menjalakan banyak aplikasi secara bersamaan dengan lancar.
  • Fitur gesture dan fitur software yang melimpah.
  • Kinerja baterai yang sedikit boros, hingga perlu cadangan powerbank jika ponsel ini digunakan secara intensif.
  • Fitur kamera dan hasil foto diluar ruangan cukup baik, tapi untuk dalam ruangan kalian perlu lampu tambahan agar menghasilkan foto yang cantik.
PONSEL INI BISA DIPEROLEH

GearBest.com
http://bit.ly/2q9TyI5
pakai kupon : DGS1 biar jadi $103.99


EmoticonEmoticon