Wednesday, May 3, 2017

FULL REVIEW MEIZU M5, Si Cantik Sering Demam!!


        Setapak perjalanan yang identik dengan vendor ponsel sebelah, Meizu dengan garansi resmi seolah-olah ditelan bumi. Semenjak populer memasarkan Meizu M2 dan M2 Note pada 2 tahun yang lalu, tidak pernah lagi terdengar namanya. 
        Akhir tahun kemarin Meizu kembali mendatangkan secara resmi produknya, dengan menggaet perusahaan lokal di Sidoarjo, Meizu berhasil memproduksi ponsel ini dengan predikat lulusan TKDN, ga kucing-kucingan bro..yang ini jelas resmi. 

PENGEMASAN

        Kotak atau Box dari Meizu M5 sederhana dengan latar berwarna putih serta hanya ada tulisan biru M5, disetiap sampingnya ada tulisan Meizu dengan warna abu, berikut isi dari paket Meizu M5 : 
  • Handset/Device
  • Kabel Data 
  • Charger
  • Buku Panduan dan Sim Ejector


UNBOXING



DESAIN DAN BODY

        Pertama kali memegang ponsel ini, sangat terpikat dengan layarnya yang hitam pekat, dukungan layar melengkung 2.5D glass dengan full laminasi memberikan kesan premium. Pada bagian atas terdapat led notifikasi yang bersebelahan dengan kamera depan, dibawah layar ada tombol mtouch yang memberikan 3 fungsi sekaligus :
  • Sebagai tombol back dengan hanya sekali sentuhan. 
  • Sebagai tombol home dengan satu kali klik. 
  • Dan terakhir sebagai fingerprint, dimana keamanan sidik jari ini tidak berfungsi sekaligus saat ponsel dalam keadaan sleep, harus klik dlu, baru fingerprint berfungsi. 
        Membawakan layar seluas 5.2 in beresolusi HD yang disisipi Blue light filter agar mata kita tidak cepat lelah saat beroperasi dengan durasi yang lama, teknologi IPS nya berhasil memberikan ketajaman dan kecerahan warna yang optimal. Untuk bagian depan ini, saya acungi jempol dengan desainnya yang minimalis.
        Lanjut kebagian belakang terbuat dari bahan polycarbonate yang diproses dengan teknologi CNC agar menampilkan warna lebih kuat, Gayafone sendiri memilih warna hitam dengan aksen doff, sangat disayangkan dengan bahan seperti ini jejak tangan atau minyak selalu membekas, ditambah daya tahan terhadap goresan tidak terlalu kuat, alhasil ada goresan membekas saat ponsel bersentuhan dengan benda tajam.
        Bagian atas terdapat kamera belakang dengan diameter yang cukup besar yang dipadukan dual led flash, berlaih ke bagian samping bawah posisi paling ideal untuk lubang speaker yang tidak akan tertutup ketika ponsel ini tidur terlentang. Menganut model unibody tentunya memberikan space lebih luas untuk baterai sebesar 3000mah, terbukti dengan body yang ramping, tiap sudut membulat memberikan kenyamanan saat menggengam.





SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Beralih kebagian software, ponsel ini telah beroperasi system android versi 6 Marsmallow, dibaluti tampilan khas Meizu Flyme OS versi 5.2 yang menampilkan icon-icon sederhana tapi menawan. Kesan pertama kali mengoperasikan ponsel ini tidak ada aplikasi-aplikasi aneh yang nempel sampe aplikasi Google pun tidak ada, sebagai gantinya Google Play Meizu memberikan aplikasi Hot apps untuk menambah aplikasi lain.
        Tidak perlu khawatir dengan tampilan menoton, Meizu memberikan tema gratis yang siap di download, fitur lainnya yang tidak kalah penting ada :
  • Cleaner. 
  • Booster Ram. 
  • Pembatas penggunaan data. 
  • System block sms atau panggilan telepon aneh yang mengganggu. 
  • Custom mode untuk pengotimalkan kinerja baterai. 
  • Anti virus bawaan. 
  • Fitur Easy Mode untuk merubah tampilan agar lebih mudah memilih aplikasi yang sering diakses.
  •  Untuk back up data ke PC, Meizu sudah menyiapkan fitur wireless, tentunya harus ada jaringan internet. 
  • Fitur gesture melimpah seperti double tap to wake, Slide ke samping untuk memutarkan music, membuat bentuk huruf C ato lainnya untuk menuju aplikasi tertentu. 
  • Smart touch, yang berfungsi sebagai tobol navigasi virtual dari Mtouch.


PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Selanjutnya bagian dapur pacu, ponsel Meizu M5 ini ditenagai oleh processor 8 inti kepala dari Mediatek dengan kecepatan 1.5 GHz yang dipadukan dengan kartu grafis Mali-T860MP2. Untuk bagian memori, disematkan ram sebesar 2GB dan dan internal rom 16GB. Ada sedikit yang kurang nyaman saat mengoperasikan ponsel ini, bermain game sebentar saja sudah terasa hangat, tapi so far bermain game, pengolahan system, multitasking pada ponsel ini smooth dan ringan banget. Mau maen game VR bisa, ada sensor gyro yang siap beroperasi dan dukungan multitouch pun bisa sampai 5 jari.



        Di bagian konektifitas, ponsel ini mendukung jaringan 4G dengan model sim hybrid, lagi-lagi harus ada yang dikorban antara single sim dengan microsd atau dual sim tanpa microsd, selain itu Meizu M5 juga mendukung fitur usb OTG .
        Beralih ke bagian audio, bisa dibilang suara yang dihasilkan ponsel ini irit banget, kurang lantang dan ramping banget, masih dibawah kualitas vendor beras merah sebelah hehehe.
        Sesi terakhir review di bagian hardware tak lain adalah baterai, untuk menopang segala aktifitasnya, baterai 3070mAh ini tentunya masih cukup, dengan aktifitas yang sangat intensif baterai ini mampu bertahan 5 jam, tapi untuk keseharian tanpa rutinitas yang padat, ponsel ini mampu menembus 10 jam lebih.




KAMERA

        Menilik bagian kamera belakang, harapan dengan lensa berukuran 13MP ini tentunya harus menghasilkan foto yang baik, tapi setelah beberapa kali coba foto, khususnya untuk fitur HDR hasilnya lebih terkesan pucat, bias, terlalu terang, harus menentukan titik focus gelap ato terang agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Untuk kamera depan dengan ukuran lensa 5MP bisa terbilang lebih bagus dari pada kamera belakang, apalagi dengan fitur flip saat selfie pun tidak akan salah posisi.

NORMAL MODE
HDR MODE

NORMAL MODE
HDR MODE

KAMERA DEPAN
NORMAL MODE

NORMAL MODE
FLIP MODE

        Lalu apa kesimpulan gayafone tentang ponsel ini :
  • Nilai plus untuk desain bagian depan yang minimalis tapi terkesan premium, body ramping dengan bentuk membulat tiap sudut memberikan kenyamanan saat di genggam, tapi khusus bagian belakang,, pemilihan bahan plastik ini tidak terlalu istimewa, selalu meninggalkan bekas jari ato minyak, apalagi ketahanan terhadap benda tajam diragukan.
  • Layar mewah, tajam dan dibaluti proteksi mata terhadap user menjadi nilai lebih ponsel ini.
  • Bermain game 3D mantap, multitasking okay tapi sayang sebentar saja ponsel ini sudah demam.
  • Dua jempol dengan minim bloatware dan banyak fitur yang disematkan pada flyme OS.
  • Kamera belakang terbilang standar saja, bisa terobati dengan kamera selfie yang cukup baik.
  • Kemajuan positif tentunya dengan garansi resmi dan jaringan 4G yang direstui TKDN. 

PONSEL INI BISA DIPEROLEH DI


Mataharimall.com
http://mataharimall.go2cloud.org/SH18J

Lazada.com
http://ho.lazada.co.id/SHP1xA

Elevenia
https://elevenia.go2cloud.org/SH7m

atau toko-toko online lainnya.

1 comments

Bagaimana mengatasi suhu diambang batas sob?


EmoticonEmoticon