PENGALAMAN ISTIMEWA DENGAN PRELO, Jual-Beli Online Barang Bekas Aman dan Berkualitas!! - GAYAFONE

Hot

Post Top Ad

Thursday, May 18, 2017

PENGALAMAN ISTIMEWA DENGAN PRELO, Jual-Beli Online Barang Bekas Aman dan Berkualitas!!


        Tidak bisa dipungkiri jika aktivitas jual-beli konvensional seperti membeli barang yang diinginkan dengan mendatangi langsung ke toko penjual atau menjual dagangan dipinggir jalan kini sudah mengalami penurunan, untuk sebagian orang dengan kemajuan teknologi dan kemudahan menggunakan fasilitas online, melakukan semua aktifitas jual-beli hanya duduk di hadapan komputer atau memegang ponsel kesayangan klik sana-klik sini, bayar dan tinggal tunggu barang sampai dirumah. Namun bagi orang awam dengan aktifitas belanja online ini, tentunya perasaan khawatir akan tertipu barang tidak datang, barang non ori atau barang yang datang berbeda dengan foto pada posting-an iklan. 
         Kali ini saya akan berbagi pengalaman menggunakan aplikasi/web Prelo. heiitss.. sebelumnya pada tau belum apa itu Prelo ?? secara singkat Prelo adalah aplikasi pasar jual beli barang bekas atau preloved secara online tentunya dengan kualitas barang bekas  non KW alias original, selain itu barang-barang bekas disini dideskripsikan secara jelas dan detail banget.. Hebat bukan konsepnya..?? tidak semua orang bisa membeli barang dengan harga baru, kalo ada barang second dengan kualitas layaknya baru kenapa juga tidak mencoba.

DESAIN DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Saya suka dengan logo P pada Prelo, mengisyaratkan bahwa barang bekas pun bisa diputar jadi uang. Saat pertama kali membuka aplikasi Prelo, saya sangat suka sekali dengan desain, warna dan animasi slide yang ditampilkan. Apalagi pemilihan warna hijau pada latar sangat brilian sekali, Tau kah kalian ?? menurut ilmu terapi warna/colourology yang dikutip oleh kompas.com, warna hijau membantu menyeimbangkan emosi,  mempengaruhi psikologi, menenangkan hati dan menyegarkan mata. saya sendiri mencoba aplikasi Prelo ini saat kondisi mata lelah berlama-lama dihadapan komputer dan tugas dengan deadline yang sebentar lagi, maklum kalau kerjaan mulai numpuk, pikiran sudah ga fokus, seringnya saya shopping cari-cari barang yang mau dibeli dan anehnya saat membuka Prelo meskipun rasa lelah melanda, tiba-tiba tiba-tiba tak terasa, nyaman, lama-lama betah dengan tampilan antarmukanya.
TAMPILAN PADA APLIKASI


TAMPILAN VERSI DEKSTOP


SISTEMATIS JUAL-BELI


       Sistematis yang sederhana dalam transaksi jual-beli online dalam skema tersebut Prelo menjadi pihak penyedia, penengah, marketer atau orang ketiga (bukan selingkuhan yah...) yang mempertemukan calon pembeli dengan penjual secara online
  • Pembeli mendaftarkan diri menjadi member Prelo, mengisi biodata, alamat pengiriman dll. 
  • Memesan barang bekas yang diinginkan dan membayar sesuai tagihan pada rekening Prelo.
  • Sebagai penjual akan mendapatkan notif pesanan berupa email maupun notifikasi aplikasi.
  • Selanjutnya penjual mengirimkan barang sesuai kurir yang dipilih pembeli dan mengkofirmasi no. resi pengiriman.
  • Setelah barang sampai pada pembeli, bila tidak ada masalah, barang sesuai dengan deskripsi penjual, segera konfirmasi penerimaan barang pada aplikasi Prelo dan memberikan review.
  • Selanjutnya Prelo akan menginput saldo hasil transaksi penjualan pada Prelo Balance penjual.
     


        Jika kalian pada posisi sebagai penjual, tampilan dari Prelo ini sungguh detail dan memudahkan penggunanya, saya coba menjual case Samsung J5 Prime bekas  dan Headset Infinix Xe-02 Second lewat aplikasi android.
  • Tampilan pertama penjual harus upload gambar, dari sini Prelo menerapkan  penjual harus lebih menampilkan barang bekasnya di berbagai posisi. 
  • Detail deskripsi barang bekas yang dijual , Prelo memberikan pengaturan lebih terperinci, contohnya special story (kalian bisa aja isi dengan kalimat "bekas artis populer"), alasan jual, hingga pengaturan ongkir ditanggung pembeli atau penjual.
  • Atur harga jual yang diharapkan bila tidak ada promo, Prelo memberikan charge 10% dari harga barang bekas,  jadi tentukan harga terbaiknya. 
  • Setelah pilih lanjutkan, penjual akan diingatkan kembali bahwa barang yang dijual harus original. Pada tahap ini saya sangat salut sekali dengan Prelo yang memberikan fitur lebih rinci. 



        
        Fitur yang paling saya suka adalah fitur tawar-menawar,  fitur ini ada didalam menu chat, sebagai pembeli kalian bisa bernegosiasi sampai puas disini.  Setelah selesai transaksi, kalian bisa pilih pembayaran yang paling mudah, saya sendiri pakai pembayaran online via indomaret.


FITUR LENGKAP, DETAIL DAN FLEKSIBEL

        Baru seminggu saja saya menggunakan aplikasi ini, Prelo memberikan fitur jual-beli online yang saya harapkan, dari segi keamanan terjamin, pengawasan kualitas barang bekas yang dijual penjual yang kuat, sampai fasilitas retur barang second yang tidak diharapkan. 
        Jual-beli online bagi penulis bukanlah hal yang baru, Aplikasi Prelo termasuk aplikasi yang nyaman, akselerasi dan perpindahan page smooth, mudah digunakan, dan friendly banget. menurut saya berikut ini fitur  Prelo yang cukup istimewa :
  • Keamanan, dimana dana yang ditransfer oleh pembeli tersimpan di Prelo (Pihak ketiga atau ecommerce) bukan langsung ke rekening penjual.
  • Fasilitas chat, pesan singkat pada penjual untuk menanyakan ketersediaan stock dan detail dari produk hingga fitur tawar-menawar
  • Gambar dan keterangan detail produk yang dijual dibuat secara terperinci.
  • Dompet atau fitur saldo dana tersedia pada profil akun, ini berfungsi mengingatkan pada penjual atau pembeli bahwa ada dana tersedia setelah berhasil menjual atau kegagalan membeli barang karena stock habis, sewaktu-waktu dana ini bisa ditarik oleh member bersangkutan.
  • Fitur aktivitas penjual log in terakhir kali, bisa membantu pembeli mengatahui mana penjual aktif mana penjual pasif.


  • Fasilitas konfirmasi barang diterima, komplain barang diretur atau barang tidak sampai di tempat tujuan.
  • Fitur live chat dengan customer center/sales center dan fasilitas bantuan.    
        Aplikasi Prelo bisa digunakan di ponsel berbasis android dan IOS. Dengan segala kemudahan dan keamanan jual-beli online yang terjaga, saatnya  kumpulkan barang bekas layak pakai tentunya original, foto dan upload ke Prelo. So... tunggu apalagi.

2 comments:

  1. tolong buatkan post tentang cara bayar prelo via indomaret

    ReplyDelete
  2. siap.. bila ada waktu sy nanti post

    ReplyDelete

Post Top Ad