Monday, February 10, 2020

3 Hal Yang Bikin Asus Zenfone 6 Keren Buat Bikin Video!!


        Sebuah penantian yang terbayar indah dengan hadirnya Asus Zenfone 6 resmi bagi kamu yang suka foto-foto, nge-vlog ataupun bikin video cinematic. Kapan lagi..ada hp dengan kualitas kamera belakang dan kamera depan sama hasilnya.
       Setidaknya ada 3 hal yang bikin hape ini jadi idaman buat kalian para pembuat konten video lewat hape. Pertama sebuah proses yang apik untuk membuat gambar lebih hidup tidak terlepas dari kinerja dapur pacu yang dipakai ponsel ini. Ya Qualcomm Snapdragon 855 punya banyak fitur pendukung salah satunya seperti fitur hdr+, rekam 4K HDR dengan bokeh dan tentunya bisa merekam hingga 480 fps untuk keperluan slow motion. Tak hanya itu diduetkan dengan ram 6GB dan rom 128GB menambah kinerja ponsel lebih smooth, ber-multitasking lebih lancar. 



     Selanjutnya konfigurasi kamera dan fiturnya. Asus Zenfone 6 ini dibekali kamera utama berukuran 48MP aperture f1.8 dengan sensor sony imx586 salah satu sensor kamera terbaik saat ini,  bukaan lensa yang besar dan punya fokus cepat jadi lebih smooth banget buat foto makro seperti ini.


        
        Kamera kedua berukuran 13MP lensa ultra wide dengan aperture f 2.4, disini saya lebih suka lensa ultra wide sebagai pendamping lensa utama karena lebih bisa menampilkan pandangan yang berbeda dari versi normal, lebih banyak kepake saat nge-vlog atau foto rame-rame di banding lensa telephoto, karena masih ada fitur zoom in klo kepaksa banget mau foto objek dari kejauhan.


     
        Cakepnya kamera dengan tipe flip seperti ini kalian bisa atur besar sudut flipnya. Dengan menekan tombol volume, tidak perlu mengambil langkah yang sulit untuk meng-capture objek di luar jangkauan kita. Ada banyak mode dan fitur yang ditawarkan pada aplikasi kameranya. contoh mode panorama, jadi lebih mudah karena kameranya secara auto gerak sendiri, ini memungkinkan hasil fotonya lebih simetris, berikutnya  fitur hdr+, ini yang bantu foto kalian lebih tajam, warna lebih vibran.



        Yang menjadi favorit gayafone adalah motion tracking. Ketika meng-capture objek yang sering bergerak, tinggal lock.. Secara auto kamera mengikuti objeknya, lalu ada  fitur slow m, teknisnya fitur ini meningkatkan fps pada video untuk mendapatkan gerakan yang lebih mulus saat dibikin lambat, sehingga  memerlukan cahaya lebih besar, saya sarankan ujicoba saat siang hari.
        Ada beberapa bagian yang saya suka saat membuat video dengan smartphone ini, salah satunya resolusi video bisa dipilih sesuai kebutuhan. Nah saya lebih memilih fhd  60 fps karena lebih leluasa mengubah speed video tanpa perlu khawatir noise lebih banyak, lalu atur kompresi di h.264 agar sesuai yang dipakai youtube, selain itu juga ada gyro eis yang membuat videonya terlihat stabil.



       Disini saya sudah instal beberapa aplikasi editing video seperti filmora, vidtrim, quick, kinemaster dan lainnya. Kita test coba paling gampang buat video instagram pakai aplikasi quick. Disini sudah tersedia banyak template, tinggal perlu masukan beberapa file video saja nanti backsound dan transisi video diatur scara auto. Cakepnya berkat dapur pacu yang powerfull, render aplikasi ini jadi terasa lebih cepat.
        Point terakhir untuk menopang semua aktivitas tadi, ponsel ini ditanami baterai besar 5000mAh yang menurut saya sangat cukup sekali agar Zenfone ini tetap bisa beroperasi seharian penuh saat ambil video kesana kemari. Bahkan untuk streaming youtube seharian bisa tahan 15 jam lebih dengan tingkat cahaya 40% dan pakai koneksi wifi, apalagi ditambah fitur QC 4.0, proses charging jadi lebih cepat.
        So bagaimana menurut kalian ?? performa dapur pacu yg powerfull, kamera flip dan segudang fiturnya hingga daya tahan baterai yang cukup awet, tiga point tadi sudah menurut saya sudah mewakili kebutuhan videografi dengan smartphone. Ok sampai jumpa di postingan berikutnya, Terimakasih.

VIDEO



EmoticonEmoticon