REVIEW EVERCOSS WINNER Y STAR, Sudah Cukupkah Faktor tampan dan Fitur keamanan saja?? - GAYAFONE

Hot

Post Top Ad

Friday, August 25, 2017

REVIEW EVERCOSS WINNER Y STAR, Sudah Cukupkah Faktor tampan dan Fitur keamanan saja??


        Satu lagi ponsel sejutaan yang membuat mata ini tertuju dan terpaku pada desainnya yang cantik, ya ini dia Evercoss Winner Y Star. Dengan percaya diri menampilkan desain dan body yang aduhai, elegan nan macho.. tapi .. apa cukup tampilan saja..?? gimana performa nya yah,, ??

KEMASAN

        Kotak atau Box dari Evercoss Winner Y star  yang saya review berwarna puytih kebiru-biruan,  dengan gambar ponsel didepannya selain itu juga ada logo sidik jari, menandakan bahwa ponsel ini memiliki fingerprint. Berikut isi dari paket penjualannya :
  • Handset/Device
  • Kabel Data 
  • Charger
  • Buku Panduan
  • Softcase
  • Earphone
  • Staterpack Telkomsel dan Voucher


UNBOXING : LUNA G55


DESAIN DAN BODY

        Berbeda dengan seri Genpro X,, ponsel besutan Evercoss ini memiliki desain yang cukup stylis, modis pokoknya kece abis, mengingatkan pada ponsel seri papan atas brand asal Tiongkok MI 5 atau pun MI Note. Dengan pinggiran cassing belakang yang dibentuk melengkung hingga ponsel ini ramah digenggam.  Sebelah kanan ada tombol power dan volume yang pas posisinya dan mudah dijangkau dengan tangan, bagian atas memiliki lubang jack audio 3.5 milimeter,dan bagian bawah posisi paling ideal untuk penempatan lubang microphone, lubang micro usb charger, dan speaker. Bagian belakang, kita akan menemukan desain kamera yang cukup kekinian, tepat samping kiri atas ada kamera berlensa 8MP yang didampingi led flash.
        Terpukau kilauan bagian cassing belakang yang menyerupai tempered glass ini sebenernya dari bahan plastik..ya plastik yang di poles abis lebih indah, namun beberapa kali pakai ketahanan terhadap goresan tidak terlalu bagus, tapi masih bisa terselamatkan oleh softcase gratisan dari ponsel ini. Tidak menganut unibody maupun sim hybrid, cassing belakang bisa dibuka, kalian bisa lihat slot simcard dan slot kartu memory yang terpisah .


        Layar membentang seluas 5in ini telah mendukung tepi layar melengkung 2,5D glass, agar lebih terasa kelembutannya, lebih baik lepas saja anti gores bawaan dari paket ponsel ini. Tepat bagian atas layar ada kamera sebesar 8MP dengan led flash yang ditemani oleh sensor-sensor.  Tak ada informasi pelindung layar yang diterapkan, hanya saja  Evercoss mengklaim layar ponsel ini terbuat dari hard glass screen. Soal ketajaman layar Gayafone rasa lebih pucat dari Genpro X, dan ya betul...ponsel ini hanya membawakan resolusi Wide VGA sajam kerapatan layar hanya hingga 195 dpi  sangat jauh dengan kakaknya yang sudah beresolusi HD meskipun di range harga yg sama.


        Bagian bawah layar, posisi paling favorit Gayafone dengan tombol fisik home yang dilengkapi dengan sensor sidik jari, entah kenapa model seperti ini telihat elegan di mata Gayafone ditambah tombol back dan menu di desain dengan tanda titik saja, soal bobot ponsel ini masih enteng dibawa-dibawa, tidak terlalu berat, ukurannya pas dan nyaman ditangan..

PERANGKAT KERAS

        Lanjut ke bagian dapur pacu, Evercoss Winner Y Star ini membawakan procesor mediatek MT6737M dengan 4 kepala inti berkecepatan 1.1Ghz yang dipadukan dengan kartu grafis Mali T720. Cukup up to date karena keluaran procesor ini skitar tahun 2016-an. Ditemani dengan ram sebesar 2GB dan internal rom 16GB yang masih bisa di ekspansi dengan micro SD hingga 32GB. Untuk urusan bagian koneksi jaringan, ponsel ini sudah mendukung dualsim dengan jaringan terkini 4G LTE, berbeda dengan Genpro X, Evercoss Winner Y Star ini tidak mendukung jaringan 4G smartfren maupun Volte. Main game, browsing, chatting apapun aktivitas ponsel ditopang dengan baterai sebesar 2450mAh saja.


SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Ponsel dengan kode U50A ini membawakan operasi sistem paling terbaru android Nougat 7.0, ya.. cukup up to date untuk pasaran entry level. Urusan tampilan kali ini Evercoss memakai tampilan buatan sendiri yakni VOS. Dengan tampilan tanpa drawer, kustomisasi yang cukup memanjakan mata dan disertai 6 tema bawaan yang bisa diganti kapan saja. Beragam fitur disematkan pada ponsel ini, hanya saja terlalu banyak aplikasi bloatware saat pertama membeli, saya sarankan reset factory terlebih dahulu sebelum menggunakan ponsel.
        Bagi yang merasa sukar mengganti bahasa tinggal tambah preferensi bahasa, lalu drag keatas bahasa yang diinginkan.


FITUR DAN PERFORMA

            Ada beberapa fitur yang menarik dari ponsel ini,  diawali fitur hardware :

  • Ponsel ini mendukung USB OTG, saya test dengan flashgisk 32GB berjalan dengan lancar. 
  • Ada sensor fingerprint yang desainnya sangat elegan tepat dibawah layar, sensor ini bisa berfunsi meskipun ponsel dalam keadaan sleep, namun respon layar terbuka kurang cepat. 
  • Ponsel ini hanya mendukung mutlitouch 2 jari saja. 
  • Untuk kelengkapan sensor lainnya, ya sangat minim.. 

     
        Gayafone harap jangan berspekulasi tinggi dengan harga yang murah ini. Selanjut nya fitur software, banyak sekali fitur yang dibawakan oleh ponsel ini :

  • Pertama gesture, salah satunya yang memungkinkan kalian bisa langsung menuju aplikasi musik hanya menuliskan M pada saat layar dalam keadaan mati. 
  • Smart motion, mengheningkan panggilan masuk hanya membalikan ponsel saja. 
  • Khusus display, ponsel ini dibantu miravision yaitu efek visual agar tampilan menjadi lebih tajam, saturasi warna, maupun kecerahan gambar. 
  • Di bagian audio, ponsel ini pun punya booster suara, tapi dengan fitur ini suara yang dikeluarkan malah menjadi kurang baik, bisa dibilang lebih tepatnya sih kering dan pecah. lanjut. 
  • Dura speed, fitur mengoptimalkan aplikasi terbuka di layar dengan mematikan aplikasi yang berjalan di background. Untuk fitur ini bisa diatur aplikasi mana saja yang bisa tetap aktif di background 
  • Ada fitur tema, bagi kalian yang bosan dengan tema default bisa di ganti dengan tampilan tema yang lebih segar lagi, 
  • Ada aplikasi candy wall, aplikasi seperti google play marketnya aplikasi. 
  • Aplikasi Frezzer, yang memungkinkan untuk membekukan aplikasi yang berjalan atau aplikasi yang memakan ram lebih banyak.   
  • Aplikasi pengubah wallpaper secara acak, sekali sentuh langsung berubah.   
  • Penambahan berbagai fitur dari sistem 360 secutity seperti cloud servie, penyimpanan segala data user secara online, boster ram, cleaning aplikasi, 
  • Antivirus 360 find phone, aplikasi pencari keberadaan hanphone saat hilang 
  • 360 clone, aplikasi yang bisa mengkloning semua data yang ada pada ponsel. 
  • 360 batery saver, aplikasi penghemat baterai 
  • Aplikasi anti pencuri dan masih banyak lagi 

        Lalu bagaimana dengan performanya untuk akselerasi perpindahan page, buka tutup aplikasi masih terbilang cukup lancar, namun rom VOS yang dibawakan ponsel ini blum bisa dibilang maksimal, Terkadang agak sedikit kurang responsif jika multitasking sedang penuh, bagi penasaran antutunya berapa, ya cukuplah sekitar 23rban. Mengingat harganya yang cukup terjangkau,  klo untuk main game, saya coba beberapa game yang tidak terlalu menguras tenaga, semua cukup lancar dijalankan. Saya coba mainkan asphalt 8 terlihat cukup lancar di beberapa scene, meski lag sedikit, grafik menurun dan tidak terlalu detail. Suhu ponsel pun masih terbilang standar meski lama-lama bermain game.
        Khusus sensor sidik jari, Gayafone coba cukup akurat, hanya saja layar agak telat terbuka. Screen ontime ponsel tanpa digunakan sekali bisa menembus 12 jam, klo dipakai aktivitas Gayafone sih bisa menembus skitar 5 jam-an.


KAMERA

        Kamera belakang dan depan yang disematkan pada ponsel Winner Y Star, keduanya memiliki lensa berukuran 8MP yang ditemani dengan led Flash. Ada beberapa fitur kamera yang cukup menarik, salah satunya yng cukup kekinian, fitur watermark, fitur ini memungkinkan menambah watermark saat kita akan melakukan foto. Model watermark cukup banyak tinggal drag kebawah maupun keatas untuk mengubahnya. Satu lagi fitur beauty, dimana kalian bisa mengatur seberapa hasil nanti foto akan terlihat cantik dan mulus. Hasil keseluruhan fotonya masih dibilang sangat standar, foto yang dihasilkan cukup pucat., terlalu kontras. Untuk hasil foto malam pun masih terlihat noise meski dibantu flash, berikut hasil fotonya lalu.


        Bagaimana kesimpulannya?? Gayafone ingatkan kembali, harga ponsel Evercoss ini cukup mura hilangkan ekspetasi tinggi spesifikasinya apalagi performanya, yup.. untuk range harga 1 jutaan dengan segala fiturnya cukup menggoda, tapi jika dibandingkan dengan sesama merk Evercoss,  Genpro X agak sedikit lebih baik, tapi klo soal tampang dan desain Winner Y Star lebih kece diajak ke mall ato pun kondangan penjabat.

VIDEO : REVIEW EVERCOSS WINNER Y STAR


4 comments:

Post Top Ad