REVIEW ASUS ZENFONE GO ZB690KG : Desain Premium, Fitur Melimpah - GAYAFONE

Hot

Post Top Ad

Monday, March 6, 2017

REVIEW ASUS ZENFONE GO ZB690KG : Desain Premium, Fitur Melimpah


        Meski pengenalan produk ini terbilang tidak setenar Asus Zenfone 3, tapi kehadiran Zenfone Go ZB690KG ini perlu diperhitungkan khususnya bagi pengguna pemula, ponsel ini bisa menjadi pilihan untuk  menemani smartphone utama.

PENGEMASAN

        Kotak atau Box dari Asus Zenfone Go ZB690KG berwarna putih dengan gambar ponsel di depan, berikut isi dari paket Asus Zenfone Go ZB690KG : 
  • Handset/Device Asus Zenfone Go ZB690KG
  • Kabel Data 
  • Charger
  • Buku Panduan 


UNBOXING


DESAIN DAN BODY

        Sangat berbeda dengan series Zenfone Go sebelumnya, ponsel dari asus ini ber-body besar dan diperkenalkan dengan hanya 2 pilihan warna, putih dan abu. Zenfone Go ini memiliki perpaduan desain Fonepad dan Zenpad,  lekukan sudut-sudut layar tidak kaku khasnya Fonepad yang dipadukan nuansa tepi layar yang mengkilat ala zenpad, untuk versi warna gray yang Gayafone pegang  ini memiliki warna casing belakang yang dipoles dengan unsur doff tetapi masih ada unsur  mengkilat yang menguatkan rasa premiumnya. Ketebalan ponsel 8.9mm dengan bobot 270gram ini memang agak susah dipegang dengan satu tangan, apalagi bermain game atau pun nonton dengan waktu yang lama cukup membuat pegal tangan ini.

 

        Membawakan layar sebesar 6.9in dengan resolusi wsvga 1024x600 pixel tak lantas layar ini pucat, berkat teknologi Asus Truevivid kedalaman warna  dan kecerahan layar cukup mengesankan, soal tingkat responsif layar pun cukup baik. Tidak lupa juga diatas layar ponsel ini tersemat led notifikasi, menjadi lebih stylist dengan desain menggeserkan icon kapasitif menjadi virtual navigasi ditambah dengan membubuhkan logo Asus pada depan layar menambah rasa gengsi kalau ponsel ini produk bermerk, namun tidak adanya proteksi layar yang disematkan membuat kita harus lebih hati-hati menjaga Zenfone Go ini.


SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA


        Ponsel ini telah beroperasi android 5.1 alias lolipop yang dibalut dengan tampilan  khas interface Zen UI yang memiliki banyak fitur yang menarik, berikut beberapa fitur yang Gayafone suka :
  • Zen Motion, pada fitur ini pengguna dimudahkan dengan pengaturan gesture dan one hand mode seperti double tap to wake atau double tap to screen off atau pun touching membentuk huruf tertentu akan langsung tertuju pada aplikasi yang ditentukan, untuk mempermudah dengan mengoperasikan dengan satu tangan, tinggal double tap pada home key, layar mengecil seukuran 5in.
  • Kids Mode, dimana dengan mengaktifkan fitur ini pengguna bisa mengatur aplikasi apa saja yang akan ditampilkan untuk bisa diakses oleh si kecil, namun sebelum penyetingan, diperlukan password untuk menjaga aplikasi lainnya tidak terbuka.
  • Asus Mobile Manager, fitur ini pengguna dapat mengatur pemakaian baterai aplikasi yang diijinkan aktif pertama kali, data usage, atau pun clear ram untuk mengembalikan performa saat multitasking penuh.
  • Easy Mode, fitur ini akan menampilkan layar  Zenfone Go dengan aplikasi-aplikasi yang kita inginkan, sehingga lebih mudah dan lebih cepat memilih aplikasi yang akan digunakan.
  • Tema, Fitur yang memungkinkan pengguna leluasa mengganti tampilan bilamana sudah bosan dengan tampilan original Zen UI.


PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA


        Beralih pada sektor inti, Asus Zenfone Go ZB690KG ini ditenagai oleh processor 4 inti qualcomm snapdragon 200 dengan kecepatan 1.2Ghz, tidak terlalu tinggi memang karena ponsel ini berada di kelas entry level, dipadukan dengan ram 1GB dan internal 8GB saja ponsel ini hanya mampu meraih score antutu 21rb-an saja. tak ada yang istimewa soal performa ponsel ini terkadang menjumpai lag saat membuka beberapa aplikasi. Dengan  penyematan kartu grafis  adreno 302 untuk bermain game kece biasa,  masih bisa berjalan baik apalagi dengan dukungan multitouch hingga 5 sentuhan, namun saat bermain game 3D agak terganggu dengan beberapa flicker atau dan kadang tersendat sendat.  Meskipun begitu beberapa kali maen game suhu pada ponsel ini terbilang cukup adem. Owh yah.. bagi yang suka maen game dengan bantuan sensor gyroscope, harus bertabah hati karena ponsel ini tidak mendukungnya.


       Selanjutnya untuk bagian jaringan, ponsel ini mendukung dual sim dengan koneksi 3G saja, bila merasakan terlalu sempit dengan internal 8Gb asus memberikan slot terpisah untuk sd card eksternal di sebelah slot sim card, namun sayang penamaan series GO ini agak kurang maksimal dengan tidak kehadirannya dukungan usb On the GO.  
       Layar lebar dengan aktifitas yang rutin tentunya memerlukan sumber daya ponsel yang besar, untungnya  asus menanamkan batere sebesar 3480mAh untuk menyuplai daya agar segala aktivitas ponsel berjalan lebih lama. Uji screen on time pun ponsel ini dapat bertahan 19 jam tanpa digunakan aktivitas apapun, untuk keadaan stand bye saja Zenfone Go 2 hari 9 jam, namun tidak adanya dukungan fitur fast charging agak sedikit lama untuk mengisi ulang daya ponsel ini diperlukan 3 jam lebih untuk charging hingga full.

   
        Bagaimana dengan kualitas output audio Zenfone Go?? menurut Gayafone nyaring tapi kurang berisi, cukuplah bagi pemula, hasil testing saya ulas dalam bentuk video di channel Gayafone.

KAMERA

        Biasanya beberapa ponsel tablet tidak disertakan dengan kamera yang bagus, tapi Zenfone Go dengan rear kamera sebesar 8MP dan front kamera 2 MP kualitas foto yang dihasilkan  oleh kamera utama terbilang cukup bagus, masih ingat dengan Fonepad?? yang ini lebih baik lagi dengan pencahayaan yang cukup terang, kamera ini akan bekerja maksimal, warna yang alami dan detail yang lumayan baik. Namun bila keadaan kurang penerangan agak sedikit noise begitu pula dengan hasil videonya bila dalam ruangan selalu terjadi sendat-sendat saat pengambilan gambar, berikut beberapa hasil dari kamera.

KAMERA DEPAN
KAMERA BELAKANG
Outdoor : Normal Mode
Outdoor : HDR Mode
Indoor : Normal Mode
Indoor : HDR Mode
Night : Normal Mode
Night : Flash Mode



KESIMPULAN

        Lalu apa kesimpulan Gayafone setelah memakai ponsel ini :
  • Bagi pengguna pemula yang menginginkan ponsel tablet dengan desain yang premium dengan merk ternama, Zenfone Go patut menjadi pertimbangan untuk dimiliki.
  • Kualitas hasil kamera yang cukup baik di banding tablet asus Fonepad sebelumnya.
  • Dengan harga skitar 1.3jtan saja, tablet kece ini sudah terbilang murah untuk seukuran brand terkenal tapi sayang, dikala jaringan 4G sedang ngetrend saat ini, jaringan ponsel ini hanya sebatas 3G saja.
  • Tidak adanya dukungan usb on the go membuat ponsel asus series go ini terasa tidak sempurna.
  • Ditambah tidak adanya fitur fast charging, membuat pengguna menunggu lebih lama lagi untuk mengoperasikan kembali Zenfone Go setelah kehabisan baterai.
        Cukup sudah review Zenfone Go ZB690KG saat ini, maaf apabila ada kesalahan penyebutan spesifikasi ataupun kata-kata yang kurang dimengerti. Tetap terus pantengin Gayafone, jangan lupa subscribe youtubenya Gayafone plus follow juga twitternya untuk info-info update gadget berikutnya.
 





1 comment:

Post Top Ad