REVIEW : XIAOMI MI MAX, Tak Sekedar Besar Tapi Kokoh!! - GAYAFONE

Hot

Post Top Ad

Thursday, March 9, 2017

REVIEW : XIAOMI MI MAX, Tak Sekedar Besar Tapi Kokoh!!


        Xiaomi Mi Max.., layarnya cetar  ditopang daya  yang besar apalagi dengan logam body yang kekar, apa performanya secepat mobil balap Rifat Sunkar??

PENGEMASAN

        Kotak atau Box dari Xiaomi Mi Max lebih sederhana dari produk Xiaomi terbaru sekarang, dengan latar berwarna putih serta hanya ada tulisan merah berbahasa saja, berikut isi dari paket Xiaomi Mi Max : 
  • Handset/Device Xiaomi Mi Max
  • Kabel Data 
  • Charger
  • Buku Panduan dan Sim Ejector


UNBOXING



DESAIN DAN BODY

        Pandangan pertama saat melihat ponsel ini tertuju dengan body-nya yang besar dengan ukuran dimensi tinggi 17.3cm dan lebar 8.8cm ini tak mudah mengoperasikan ponsel  hanya dengan satu tangan, tapi bicara soal ketebalan body ponsel ini hanya setebal 0.7cm saja loh, padahal baterai yang disematkan sebesar 4850mAh, nah konsekuensi baterai besar dan body lebar Bobot badan pun menjadi cukup berat, yakni seberat 203gr.
        Mencermati desain yang dibawakan oleh Mi Max ini, pastilah tidak asing karena model unibody seperti ini sudah banyak dipasaran, berbalut metal yang solid ditambah aksen tepi layar yang mengkilat sudah dipastikan mirip dengan pendahulunya redmi note 3 atau pun redmi 3 yang pernah diulas beberapa bulan lalu.  Memiliki led notifikasi di atas layar dan lampu latar pada bagian icon kapasitif  serta sedikit pembeda dengan penempatan lubang speaker dan microphone yang kini dipasang di sisi samping bawah ponsel, posisi yang ideal untuk mendengarkan lagu meskipun ponsel dalam keadaan terlentang. Satu lagi, hilang nya logo MI di depan layar yang notabene ciri dari varian Mi  ponsel xiaomi.



        Layar yang terbentang seluar 6.44in dengan resolusi FHD dipadukan dengan teknologi layar melengkung 2.5D glass yang memberikan  pengalaman kelembutan saat menyentuh sisi tepi layar, apalagi dengan disajikan keragaman warna yang cerah dan ketajaman layar yang maksimal di layar lebar memberikan sensasi berbeda dengan tampilan gambar yang luas saat digunakan untuk menonton film, membaca ebook atau pun membuka peta google. Selalu tidak bisa dipungkiri border hitam agak lebar pada layar selalu hinggap pada ponsel ponsel berlayar besar.


SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Saat pertama kali unboxing ponsel ini, sistem operasi yang tertanam versi Miui global developer dengan base android marsmallow, apa sih yang menjadi pembeda dari rom Xiaomi biasa??. Biasanya rom developer lebih sering mendapatkan update rom atau fitur terbaru lebih awal, ketika review ini dibuat ponsel Mi max masih marsmallow namun saat ini sudah bisa di update hingga android Nougat. Fitur-fitur unggulan miui 8 masih ada di versi ini seperti :
  • Double tap 2 wake, yang berfungsi membangunkan ponsel saat keadaan sleep.
  • Quick ball, yang bisa difungsikan navigator virtual pada layar sebagai pengganti tombol kapastif.
  • Second space, ruang baru seolah mempunyai dua ponsel.
  • Do not disturb, menu untuk pengalihan dikala saat sibuk atau istirahat.
  • Dual apps, menggandakan applikasi favorit dengan multi akun.
  • App lock, yang mampu memproteksi aplikasi rahasia dari si super kepo.


PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA


        Meninjau sektor dapur pacu, Xiaomi Mi Max membekali spesifikasi yang cukup baik dikelasnya, untuk varian yang saya review ini ditenagai oleh CPU kelas menengah Qualcomm Snapdragon 650 hexacore yang diduetkan dengan kartu grafis Adreno 510 yang mampu beroperasi secara maksimal.  Untuk menjaga akselerasi yang cepat, handal dan membawa muatan banyak ponsel ini dibekali dengan ram 3GB dan internal rom 32GB yang bisa diekspansi dengan memori eksternal hingga 128GB. Namun karena menganut model sim hybrid, penggunaan memori eksternal ini user hanya bisa menggunakan satu sim saja.


         Beralih ke soal jaringan, ponsel ini mendukung semua jaringan 4G LTE, termasuk bagi kalian yang memakai 4G advance-nya Smartfren, namun sayang sampai review ini dibuat Gayafone tidak menemukan setting-an volte pada rom developer. Dukungan usb otg pun selalu hadir di jajaran ponsel Xiaomi ditambah dengan baterai yang besar ponsel Xiaomi Mi Max ini bisa dijadikan powerbank, so bisa bantu ponsel lain yang sedang sekarat baterainya.
        Lalu bagaimana dengan performanya? Gayafone sendiri sangat puas dengan performa Mi Max dalam menjalankan proses komputasi, dengan kombinasi spesifikasi yang dimiliki bermain game 3D berat, game teranyar pun berjalan dengan lancar. Akselerasi, multi tasking, perpindahan page dan tutup buka aplikasi terasa smooth. Kenyamanan menggunakan ponsel semakin bertambah dengan dukungan keamanan sidik jari yang cepat, fitur multitouch hingga 10 jari dan kelengkapan sensor penting. Nah penasarankan dengan score antutu yang diraih oleh ponsel ini, yup mi max mampu memperoleh score antutu hingga 75rban.


        Selanjut ke bagian audio, meski lubang speaker hanya pada satu sisi saja  suara yang dihasilkan cukup lantang dan tidak pecah, saya bagikan  pengujiannya dalam bentuk video di channel Youtube Gayafone.
        Dan selanjunya daya pada ponsel, sekali lagi Gayafone sangat terpukau dengan ketahanan baterai Mi Max ini, mampu bertahan 20 jam lebih dengan layar menyala terus, untuk aktivitas sehari-hari, chatting, browsing yang tidak terlalu intensif, ponsel ini mampu bertahan lebih dari 24 jam. Kombinasi terbaik antara kecepatan, performa,  baterai kokoh, dan memory yang lega.


KAMERA

        Faktor penting lainnya tidak lain adalah kamera, varian Mi dari Xiaomi identik dengan kameranya yang cantik begitu pula Mi max, tentunya harus mempunyai kemera yang lebih baik dibanding level di bawahnya, namun setelah beberapa bulan Gayafone pakai, kesan kamera  Mi  tidak melekat di ponsel ini, bisa dibilang hanya sebatas standarnya ponsel redmi.
       Kamera belakang yang ditanamkan berlensa 16MP yang telah didukung teknologi fokus cepat PDAF dan untuk kamera depan hanya sebesar 5MP, saat menguji kamera belakang di luar ruangan foto yang dihasilkan ponsel ini terlihat hanya warna-warna tertentu yang menonjol seperti warna kuning dan hijau, penggunaan fitur HDR pun tidak secepat ponsel xiaomi biasanya, shutter speed terasa lambat dan hasil foto objek bergerak dengan fitur HDR ini menjadi ngeblur, terlebih dalam ruangan dengan penerangan yang redup video yang dihasilkan  kurang lebih sama, video pecah pecah saat penggunaan fitur slow motion di luar ruangan, berikut beberapa hasil test dari kamera.
KAMERA DEPAN


KAMERA BELAKANG
Normal Mode
HDR Mode
Normal Mode
HDR Mode
Normal Mode
HDR Mode
Normal Mode
HDR Mode

KESIMPULAN

        Jadi, di penghujung review ini  apa kata Gayafone tentang ponsel ini :
  • Display cantik dengan 2.5D Glass dan Desain body yang kekinian dibaluti metal yang solid menjadi nilai lebih rasa gengsi saat nenteng ponsel ini di mall mall ternama.
  • Bagi kalian yang suka nonton nonton cantik, main game serta mengeksplorasi gambar di layar lebar, sangat cocok sekali menggunakan ponsel ini,  perpaduan kecepatan, performa dan tampilan layar yang dihasilkan cukup memuaskan.
  • Performa ketahanan baterai yang sangat kokoh, kuat menjadi unsur yang paling penting saat berlama-lama nonton nonton cantik atau bermain game.
  • Bagi kalian yang bertangan kecil, mungkin ponsel ini akan terasa kurang cocok dan kurang nyaman di genggam.
  • Namun sayang, dari semua kelebihan faktor kamera tidak mendapat nilai plus dari Gayafone, ya bisa dibilang standar saja.     

     


  

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad