Monday, February 27, 2017

REVIEW SMARTFREN ANDROMAX L : Ponsel Gaya Buat Yang Berjiwa Muda




        Tampilan layar yang memikat, dengan tepi layar yang melengkung 2.5D glass ala ponsel premium.. smartfren andromax apakah ini???. ya betul,, Sempat tidak percaya kalau ponsel ini keluaran Haier. Terobosan baru yang diterapkan smartfren pada ponsel andromax L ini, tentunya setuhan tepi layar yg melengkung. Penasarankan dengan performanya??

PENGEMASAN

         Kemasan box Smartfren Andromax L  bernuansa merah sama seperti pendahulunya dengan kualitas box cukup baik. Karena ponsel yang Gayafone dapatkan versi sample, kartu perdana Smartfrennya akan berbeda dengan versi yang dijual di pasaran,. Berikut isi dari paket Smartfren Andromax L :
  •     Handset/Device AndromaxL
  •     Baterai
  •     Headset
  •     Kabel Data
  •     Charger
  •     Starter Pack Simcard Smartfren 4G LTE
  •     Buku Panduan

UNBOXING


DESAIN DAN BODY

          Saat pertama kali memegang ponsel ini, mata ini langsung tertuju pada warna layarnya yang hitam pekat cukup membuat hati ini terpikat, elegan, cantik, mempesona seolah memegang ponsel-ponselnya ala kalangan ningrat. Mempunyai layar terbentang seluas 5in yang beresolusi HD dengan proteksi dragontrail, ditambah nilai plus dari sentuhan tepi melengkung 2.5D glass membuat jari jari ini seakan-akan dimanjakan oleh kelembutan smartfren andromax L. Ponsel ini memiliki ketajaman dan kedalaman warna yang cukup baik, soal responsif layar andromax L ini cukup memberikan respon yang baik apalagi penyematan teknologi sunlight display visibilty cukup berguna saat menggunakan ponsel di luar ruangan, sehingga andromax L mampu mereduksi refleksi sinar matahari secara optimal. Pada bagian bawah layar depan ini terdapat icon kapasitif yang tidak disertai dengan backlight, untuk bagian atasnya terdapat kamera yang berdampingan dengan led flash, namun sayang led notifikasi pada layar masih absen di ponsel terbarunya andromax ini.
        Membahas dimensi dan ketebalan body, ponsel ini mempunyai ketebalan cukup tipis dibanding kakakny andromax A, bobot yang ringan skitar 140 gram membuat tangan ini lebih mudah menggengam dan nyaman digunakan. Pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan power dengan posisi yang ideal mudah dijangkau tangan, bagian bawah ada lubang charger usb dan bagian atas tak lupa ada lubang jack audio. Khusus pada kesing bagian belakang ini, diberikan tekstur ala sutra dengan element element tulisan 4G LTE, Andromax dan Haier diberikan sentuhan embos, sehingga terlihat lebih premium. Penempatan bagian kamera belakang agak sedikit menonjol yang disertai dengan led flash single tone.

SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

       Sistem operasi yang diterapkan pada ponsel ini telah berbasis android marsmallow dengan tampilan antarmuka yang tidak banyak berubah dari andromax versi sebelumnya, masih mengusung tampilan basic android. Tidak lupa sentuhan fitur gesture selalu hadir di kalangan ponsel andromax seperti membangunkan layar hanya menyetuh 2 kali atau membuka menu kontak hanya mengambar lingkaran saat layar mati dan masih banyak lagi.
        Bila kita tengok fungsi logo volte diatas ini menunjukan bahwa ponsel ini telah tertanam teknologi terbaru volte yang memberikan kualitas suara, video call dengan kualitas HD. Khusus untuk andromax fungsi lain dari volte ini sebagai jalur in out sms dan telepon, agar volte ini tetap terhubung diperlukan data atau paket internet yang aktif pada ponsel. Lalu bagaimana jika paket data tidak aktif ? tenang, sistem terbaru dari andromax sekarang ada Vowifi, dimana funsinya sama seperti volte yakni dengan pairing wifi disekitar dan mengaktifkan fitur Vowifi jalur in/out sms dan telepon untuk ponsel andromax akan terus aktif.

  

PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Menegok dapur pacu  ponsel ini ditenagai oleh procesor sekelas entry level Snapdragon 212 Quad Core 1.3 GHz yang dipadukan dengan GPU Andreno 304 untuk mengolah seluruh visual grafis dan komputasi, agar performa tetap lancar ponsel ini ditanami ram 2gb dan rom 16 GB yang bisa diekspansi lebih hingga 32GB. Perihal baterai, segala rutinitas smartfren andromax L ditopang oleh sumber daya sebesar 2400mAh. Karena ponsel ini tidak menganut unibody, jadi baterai bisa dilepas secara mudah.


PENGUJIAN

        Kombinasi spesifikasi andromax L hanya mampu meraih score antutu 22rban saja. Yup, seperti review zenfone go tab minggu lalu, ponsel ini berada di level yang sama.  Menilik kelengkapan sensor-sensor pada ponsel, andromax L memiliki sensor magnetik yang mampu membantu saat lock gps ato share location, bagi mereka yang suka bermain game virtual reality harus cukup bertabah hati karena ponsel ini tidak mendukung sensor gyro.
        Bicara soal performa, jangan mengharapkan speed tingkat tinggi pada andromax L ini, namun akselerasi perpindahan page, buka ganti aplikasi, serta mengetik text pesan, responsifitas cukup lancar. Andromax L akan terasa berat saat pertama kali membuka aplikasi baru, terutama saat kondisi suhu ponsel sedang hangat-hangatnya dan multitasking sedang penuh. Untuk bermain game sekelas game 3D biasa, game-game yang tidak memerlukan procesing yang berat,  ponsel ini berjalan baik, apalagi dengan game-game yang memerlukan multitouch, andromax L mampu menampung hingga 5 sentuhan.


       Selanjutnya beralih ke bagian jaringan dan dukungan koneksi, ponsel andromax seperti biasa mendukung dualsim dengan jaringan 4G LTE Advance-nya Smartfren pada sim 1 dan kartu gsm pada slot sim 2, sayang nya perihal dukungan USB on the go ponsel ini tidak mendukungnya.
      Perihal ketahanan baterai, ponsel andromax L ini mampu bertahan sekitar 5 jam saat diuji menyala terus tanpa dimatikan, namun untuk aktivitas sehari-hari seperti chat dan browsing yang tidak terlalu intensif ataupun dijadikan hotspot baterai ponsel ini mampu bertahan selama 6 jam lebih. Dikala baterai habis, pengisian daya ulang ponsel ini tidak di dukung fast charging, butuh waktu 2 jam lebih untuk terisi kembali dayanya.


        Selanjutnya urusan audio, cukup diacungi jempol ponsel-ponsel keluaran smartfren ini, karena selalu menyematkan audio yang baik, terutama dengan teknologi DTS pengguna akan merasakan sensasi suara ala theater dalam sebuah ponsel, perpaduan yang mewah antara display yang cantik dan audio yang baik. Khusus pengujian audio, bisa cek langsung youtube Gayafone

KAMERA

        Hal terakhir pada review kali ini adalah bagian kamera, Andromax L ini telah disematkan kamera belakang dengan lensa sebesar 8.0 MPix sensor BSI dan kamera depan sebesar 5MP, kedua kamera ini ditemani LED flash untuk membantu penerangan dikala situasi kurang cahaya. Foto-foto yang dihasilkan cukup cerah, detail objek akan terlihat bagus saat cahaya skitar ruangan cukup terang, namun bila dicoba di luar ruangan dengan cahaya matahari yang terik akan terlihat bias bila diarahkan pada objek berwarna putih atau kulit manusia. Perlu timing untuk shoot gambar agar menghasilkan photo yang baik. Saat dalam ruangan yang kurang cahaya, akan terlihat banyak noise, terutama pada kamera selfie, untungnya dengan penyematan led flash di kamera depan cukup membantu sehingga hasil photonya baik. Sangat disayangkan shutter speed kamera andromax L ini terbilang lambat sekali, untuk mengambil objek yang bergerak cepat seperti anak kecil yang sedang bermain pengguna akan kehilangan moment saat menggambil gambar secara mendadak.
KAMERA BELAKANG
KAMERA DEPAN


KESIMPULAN

        So... di penghujung review kali ini, apa kesimpulan gayafone?? Ponsel dengan spesifikasi yang ditunjukan pada segmen entry level, cukup menarik perhatian khususnya bagi pengguna berjiwa muda.

  • Nilai plus untuk desain layar yang cantik, mewah dengan kedalaman warna serta kerapatan layar yang cukup baik. 
  • Bagi pengguna yang suka mendengarkan musik, penyematan teknologi DTS pada audio ponsel ini, terbilang cukup maksimal. 
  • Dengan paket bundling kuota jumbo 30 GB yang aktif selama setahun, harga 1.2jtan cukup perlu dipertimbangkan. 
  • Akselerasi dan performa cukup baik di level ini, namun tetap jangan mengharapkan kecepatan tingkat tinggi. 
  • Hasil kamera yang cerah dan detail yang baik akan pengguna rasakan di ponsel ini, namun harus bersabar hati dengan shutter speednya yg lambat. 
  • Bagi pengguna yang mendewakan usb on the go dan fast charging, sayangnya tidak akan ditemukan di ponsel ini.

        Ya kembali lagi.. ini ponsel diperlukan untuk pengguna entry level yang berjiwa stylis dan modern.  okay cukup sekian  review kali ini, bila ada pertanyaan, isi kolom komentarnya yah, tetap terus pantengin gayafone, subscribe channelnya plus follow juga twitternya untuk info-info update gadget berikutnya.

11 comments

Kok hp andromax saya lemot ya

Padahal saya cuma memakai game 2 saja..sisanya aplikasi yg tidak saya pakai saya non aktifkan

saya barusan memakai andromax L hanya utk menggantikan andromax E2+ saya yg baru saja hilang.
baru nyadar kalau hape ini cukup keren setelah protection film-nya saya lepas.
dan karena terbiasa hp tebal spt E2+ sebelumnya, saya agak tidak nyaman. terlalu tipis dan licin... lalu saya belikan silicon case yg tebal. cukup membantu, namun tampilan tidak berkurang.
ke performa,
kebetulan spek sama persis dengan E2+. jadi saya tidak bermasalah dengan hal ini, karena memang sesuai kebutuhan sehari2.
namun,
sayang sekali saya tidak lagi bisa menggunakan m-banking dengan leluasa spt E2+.
padahal spek sama persis.
saya juga mencoba kelengkapan apk yg sama, dual sim control. tidak berfungsi juga.
akhirnya saya mencoba cara2 lain spt yg saya temukan saat gugling maupun spt yg disarankan pada setiap forum yg bisa saya temukan. masih belum bisa juga.
permasalahannya, semua apk yg saya coba tidak ada yg berhasil mengakses permission utk menonaktifkan SIM card 1.

mungkin
om/ agan/ mastah/ suhu/ dab ada yg sudah memiliki solusi utk Andromax L ini?

mungkin terlalu banyak aplikasi sosmed, ato yang lainnya yang berjalan di background

untuk m-banking memang beberapa andromax selalu nyangkut di Sim satu untuk verifikator..
untuk lebih akuratnya mending konsultasi ke service center.. atau nunggu teman2 disini berkomentar,, thanks

Yang saya tahu untuk M-Banking BNI memang mewajibkan, channel data di SIM 1, jadi otomatis nomor SIM 1 yang menjadi nomor pendaftaran, dan ketika kita ganti HP, harus daftar ulang. Kalau M-Banking BCA, bisa menggunakan nomor SIM 2, meskipun data di SIM 1, dan ketika ganti HP, bisa mendaftarkan sendiri sistemnya dari awal, tanpa harus ke CS Bank.


EmoticonEmoticon