Friday, February 10, 2017

REVIEW XIAOMI REDMI NOTE 4, Cantik Elegan Ga Perlu Mahal!!



        Vendor ponsel asal tiongkok yg satu ini, tidak henti-hentinya berinovasi dan selalu memberi kejutan di setiap peluncuran produk nya. Tidak ada yang mengira peningkatan desain varian Redmi dari Xiaomi ini bisa disejajarkan dengan ponsel flagship dari merk lain. tidak hanya peningkatan segi desain saja, spesifikasi yang dibawa oleh xiaomi redmi note 4 pun cukup baik di level kelasnya. 

PENGEMASAN

        Kotak atau Box dari Redmi Note 4 berwarna putih dengan gambar ponsel di depan, berikut isi dari paket Redmi Note 4 : 
  • Handset/Device Xiaomi Redmi Note 4 
  • Kabel Data 
  • Kunci Pembuka Tray (di dalam buku panduan) 
  • Charger Buku Panduan 

UNBOXING



DESAIN DAN BODY

        Membawakan desain yang begitu elegan, dibaluti logam yang solid beraksen 2 garis antena di belakang cassing, desain ponsel Xiaomi Redmi Note 4 ini berada di posisi dengan level yang berbeda, sentuhan melengkung pada sisi belakang kesingnya memberikan kesan tipis pada body ponsel meski tidak setipis Xiaomi Mi 5 ataupun Xiaomi Mi note, selain itu perpaduan tepi mengkilat pada setiap lekukan, seperti di sekeliling sisi samping ponsel, bulatan pada sensor finggerprint dan kedua lubang speakernya memberikan sentuhan kilau layaknya membawa emas 24 karat, tak malu lah membawa ponsel ini ke kondangan penjabat atau artis papan atas.
        Ponsel dengan paham unibody ini memiliki luas layar yang membentang seluas 5.5in beresolusi full HD yang telah mengadaptasikan teknologi 2.5D glass sehingga memberikan kesan lembut, smooth saat menyentuh layar, namun sampat saat ini gayafone belum tau proteksi layar apa yang dipakai ponsel ini. Selain itu layar ponsel ini menyajikan kedalaman warna serta rentang ketajaman layar yang memuaskan, terlebih dengan teknologi luminos screen pada ponsel akan mengurangi intesitas iritasi pada mata saat memakai ponsel ini dalam meski keadaan tiduran dengan penerangan cahaya yang redup. Tak hanya itu, border di sekeliling layar cukup tipis sehingga pandangan cukup lebar ke setiap sudut layar ponsel.
        Kemampuan mereduksi refleksi cahaya matahari saat mengeoperasikan ponsel ini cukup diacungi jempol, tak perlu pakai kaca hitam kece badai untuk bermain game di luar ruangan meskipun dibawah terik matahari, saat di malam hari pun, untuk navigasi ponsel akan terbantu dengan tambahan led backlight pada icon kapasitif.

SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Sudah tidak tak asing dengan ponsel besutan xiaomi ini dikenal dengan beragam tema pilihan yang menarik, kali ini ponsel Xiaomi Redmi Note 4 Gayafone pegang telah beroperasi android marsmallow 6.0 dimana telah berjalan dengan update miui 8 versi global 8.0.3.0. Tak ada tambahan fitur pada miui 8 ini yang telah gayafone ulas di postingan review Mi Note lte versi bamboo tempo lalu. Dengan suhu normal pengoperasian ponsel pada rom ini bisa di bilang smooth tanpa ada jeda lag.




PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Beralih ke bagian perangkat keras, ponsel ini sudah mendukung jaringan 4G dual sim hybrid, lagi-lagi harus ada yang dikorbankan, mau dual sim atau single sim dengan meminang sd card. Ditenagai oleh 10 inti kepala alias decacore yang di split menjadi 3 cluster dipadukan dengan kartu grafis Mali-T880 MP4 untuk pengolahan visual grafis dan game, ram pada ponsel yang direview ini adalah versi ram 3GB dengan internal 64Gb, bermain game 3d teranyar pun tidak masalah dengan ponsel ini, namun saat berlama-lama bermain game dan suhu ponsel mulai naik, akan terasa lag saat operasi fitur multitasking sedang bekerja penuh. Seperti biasa kelengkapan sensor sensor inti pada ponsel xiaomi cukup lengkap, termasuk sensor infrared dan  ditambah dengan sensor fingerprint yang disematkan di belakang kesing yang bekerja cepat mampu memberikan keamanan bagi user redmi note 4 dr si tangan jail. Menilik bagian audio meski hanya terdapat satu sisi lubang speaker di bawah ponsel, Redmi Note 4 ini memiliki output audio yang cukup lantang, pengujian saya ulas dalam bentuk video tempo lalu. Untuk menopang seluruh aktivitas ponsel ini, telah ditanamkan baterai sebesar 4100mAh yang tidak bisa dilepas alias unibody.



PENGUJIAN

        Saat diuji dengan aplikasi antutu ponsel ini mendapatkan score yang cukup baik sekitar 85000-an, owh yah.. bagi kalian yang suka main game tap-tap, jangan khawatir ponsel ini sudah mendukung multi touch hingga 10 jari. Saat menguji sensor infrared, ponsel ini bisa dijadikan remote control TV, DVD ataupun AC.  Entah ada bugs di bagian management baterai atau pun lainnya, baterai yang ditanam 4100mAh ini hanya mampu bertahan Screen On Time selama 13 jam, masih kalah dengan daya tahan baterainya Mi note yang hanya 3000mah saja.





KAMERA

         Yang tak kalah penting lainnya, tentu saja kamera. Ponsel ini memiliki kamera belakang berlensa 13MP dengan bukaan cahaya 2.0 yang dipadukan dengan LED Flash dual tone, meskipun ada penurunan ukuran besar lensa dari ponsel Redmi Note 3 pendahulunya,  kualitas foto yang dihasilkan tidaklah buruk, namun saat dalam keadaan low light agak sedikit kecewa dengan banyak noise pada hasil fotonya. Khusus untuk kamera depan, selalu setia lensa sebesar 5MP untuk kebutuhan selfi selfi ria. Berikut hasil foto-foto dari kamera Xiaomi Redmi Note 4.

KAMERA DEPAN INDOOR
KAMERA DEPAN OUTDOOT
KAMERA BELAKANG OUTDOOR NORMAL MODE
KAMERA BELAKANG OUTDOOR  HDR MODE
KAMERA BELAKANG INDOOR FLASH MODE
KAMERA BELAKANG INDOOR NORMAL

KESIMPULAN

        Dan terakhir, apa kesimpulan menurut Gayafone tentang ponsel ini??
  • Sudah sewajarnya desain yang solid, kekinian .. cantik nan elegan menjadi nilai positif pertama bagi ponsel ini.. apa lagi dengan teknologi layar 2,5D glass menambah ponsel makin menawan.
  • Harga terbilang murah, untuk akhir2 ini dengan range 2.2juta sudah dapat ponsel dengan spesifikasi terbaik di kelasnya.
  • Untuk menopang segala aktivitas ponsel, meski disematkan baterai 4100mAh, kinerjanya kurang maksimal. mudah-mudah dengan update rom berikutnya sudah terobati masalah management baterai ini. 
  • Tak ada nya informasi proteksi layar, membuat gayafone ragu daya tahan layar ini terhadap goresan.
  • Lagi-lagi ponsel xiaomi ini hanya garansi distributor, yang aftersalesnya masih dipertanyakan.


EmoticonEmoticon