Sunday, December 11, 2016

REVIEW SMARTFREN ANDROMAX A : PONSEL TERJANGKAU KAMERA MEMUKAU


        PT Smartfren Telecom adalah satu-satunya provider telekomunikasi yang memproduksi ponsel  brandnya sendiri yang dipatok dengan harga terjangkau. Atas kerja sama yang terikat lama dengan perusahaan-perusahaan ponsel seperti Hisense, Haier, dan Zte,   tak heran beberapa ponsel keluaran Smartfren ini memiliki berbagai merk. Seperti halnya Smartfren Andromax A pabrikan dari Haier ini  menjadi sorotan para user pemula Android karena harga murah dengan spesifikasi yang cukup baik dikelasnya apalagi ditambah dengan promo-promo Big Kuota dari Smartfren.

PENGEMASAN

         Kemasan box Smartfren Andromax A bernuansa merah dengan kualitas box cukup baik, tahan terhadap tekanan dan terlihat  tulisan Sinarmas di sisi samping box. Seperti biasa Smartfren memberikan kartu perdana dengan bonus kuota internet, Gayafone sendiri mendapatkan ponsel ini karena ada promo Big kuota hingga 65GB, bisa puas download seharian tanpa khawatir kuota habis. berikut isi dari paket Smartfren Andromax A :
  •     Handset/Device Andromax A
  •     Baterai
  •     Headset
  •     Kabel Data
  •     Charger
  •     Starter Pack Simcard Smartfren 4G LTE
  •     Buku Panduan


UNBOXING



DESAIN DAN BODY

        Untuk kali ini Gayafone lebih memilih warna gold, meskipun desain yang dimiliki ponsel ini terbilang standar saja, tapi karena sentuhan warna gold inilah Andromax A jadi lebih elegan dan lebih stylist. Bagi mereka yang terbiasa memakai ponsel dengan layar resolusi HD akan merasakan sedikit pucat di Andromax A ini, karena layar seluas 4.5 in Andromax A hanya mencapai resolusi FWFGA  saja.  Ketebalan body pada ponsel ini terbilang cukup tebal dan berbobot, namun kondisi seperti ini Gayafone lebih nyaman menggenggam ponsel tanpa takut jatoh ato terlepas saat mengoperasikan ponsel dengan satu tangan. Pada bagian tombol kapasitif, serupa dengan ponsel Xiaomi redmi 3 tanpa ada tambahan led , serta  Led Notification masih absen sama seperti pendahulunya.



SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Smartfren Andromax A sudah dibekali sistem operasi android 5.1.1 lolipop dengan tampilan antarmuka standar android, meskipun tak ada yang berubah tampilan halaman dari ponsel sebelumnya, ponsel murah ini memiliki fitur gesture yang cukup menarik, seperti membuat bentuk huruf M  saat pada layar mati, akan terbuka langsung ke aplikasi musik, selain itu juga ada pengaturan tombol kapasitif menu bila diketuk dua kali bisa difungsikan sebagai perintah screen off.




JALUR KONEKSI DAN JARINGAN

          Beralih ke bagian jalur koneksi, ponsel ini memiliki fitur-fitur yang biasa kita jumpai di ponsel android lainnya, seperti fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, Radio FM radio, microUSB v.20. Meskipun dukungan USB OTG masih absen di ponsel Andromax ini, soal jaringan  ponsel murah ini sudah bisa merasakan jaringan 4G advance-nya Smarftren, seperti biasa mendukung dual sim 4G Smartfren dan GSM.  Namun untuk pengaturan pilihan data saat ini Gayafone masih belum bisa memilih ke simcard GSM, selalu balik lagi ke Simcard Smartfren.

PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Menilik bagian terpenting dari sebuah ponsel, Smartfren Andromax A ini membawa spesifikasi yang cukup baik di range harga 600rban, ditenagai oleh processor  Snapdragon 210 Quad Core 1.1GHz Cortex A7 yang dipadukan dengan GPU Adreno 304. Selain itu RAM yang ditanamkan sebesar 1GB dan dan ROM 8GB yang bisa diekspansi lebih luas hingga 32GB. Untuk urusan audio, ditambahkan fitur Snapdragon Audio+ yang mampu memberikan nuansa beda saat memutar file musik. Besar sumber tenaga yang dipercaya untuk menopang segala aktivitas ponsel ini sebesar 1950mAh yang bisa di lepas atau tidak menganut unybody.



PENGUJIAN

        Seperti pengujian ponsel pada umumnya aplikasi-aplikasi pembantu pengujian untuk ponsel Andromax A ini diawali aplikasi Antutu Benchmark, Multitouch Tester, dan Sensor Box.   Sebenernya Gayafone tidak mengharapkan lebih saat pengujian ini, selain harga dibandrol lebih murah dari pesaingnya, desain elegan dan speksifikasi yang cukup baik di kelasnya sudah melebihi kepuasan untuk ponsel sekelas entry level. Perihal Daya tahan baterai pada ponsel saat Gayafone test keadaan full on screen bisa mencapai 8 jam lebih, namun saat dipakai wifi hotspot terus-terusan, ponsel ini hanya mampu bertahan skitar 4 jam saja.  Setidaknya saat digunakan secara normal akan mampu hingga 6 jam lebih.




KAMERA
      
        Bagian yang paling Gayafone tidak duga adalah bagian kamera Andromax A, Meskipun harga bisa dibilang sangat terjangkau, kamera yang disematkan pada ponsel ini sangatlah memukau. Membawakan lensa kamera belakang  dan depan sebesar 5MP yang disandingkan dengan LED Flash di setiap masing2 sisi. berikut beberapa foto yang dihasilkan oleh Smartfren Andromax A.

KAMERA BELAKANG
NORMAL OUTDOOR
HDR OUTDOOR
FLASH OUTDOOR

NORMAL INDOOR
HDR INDOOR
FLASH INDOOR

KAMERA DEPAN
SELFIE INDOOR
SELFIE OUTDOOR

HARGA

        Untuk masa promo sampai desember 2016 ini, harga yang ditawarkan untuk mendapatkan Andromax A hanya Rp. 649.000 saja sudah termasuk bonus Big Kuota 65GB, kalian semua bisa dapatkan di galeri-galeri Smartfren terdekat, tapi bisa dapat lebih murah lagi kalau beli online di toko-toko online seperti shopee, elevenia, tokopedia.


 

     


 


EmoticonEmoticon