Tuesday, September 13, 2016

Review Xiaomi Mi Note LTE Bamboo : Smartphone Flagship Anti Mainstream


        Lagi nyari ponsel pengganti?? nyari yang ga biasa orang-orang pake?? sempat terpikir ingin memiliki ponsel flagship namun dapat dibeli tanpa harus mengoreh kocek lebih dalam. Pilihan Gayafone jatuh pada Xiaomi Mi Note LTE. mengapa?? selain harga murah skitar 1.8jtan (garansi distributor), ada beberapa ciri khas dari ponsel ini yang tidak ada di ponsel lainnya. Meskipun speksifikasi yang dibawa merupakan kasta tertinggi tahun lawas, tapi masih layak adu jotos dengan aplikasi-aplikasi terkini. Langsung saja kita ulas ponsel ini. 

PENGEMASAN

        Kotak atau Box dari ponsel ini masih berdesain daur ulang warna cokelat, jelas saja karena ini ponsel keluaran bulan Januari tahun 2015. berikut isi dari paket Xiaomi Mi Note LTE :
  • Handset/Device Xiaomi Mi Note LTE
  • Kabel Data
  • Kunci Pembuka Tray (di dalam buku panduan)
  • Charger
  • Buku Panduan  
  •  
     
UNBOXING



DESAIN DAN BODY

         Melihat desain dari Xiaomi Mi Note pada versi ini, tentunya langsung tertuju pada backcase. Kenapa tidak, dengan sentuhan teksture berbahan bambu yang diproses secara apik menambah daya tarik serta ke-istimewa-an yang tak dapat disaingi oleh ponsel manapun, pemilihan jenis bahan dasar backcase yang cukup baik inilah yang membuat Mi Note menjadi pilihan calon user yang  anti mainstream, karena untuk sebagian orang sudah bosan dengan desain-desain backcase ponsel terkini hanya bergelut di bahan dasar metal atau glass.  
        Balutan frame alumunium pada sisi ponsel ini  menambah rasa eleganitas dan stylis. Dengan nano-molding technology. Xiaomi berhasil menjadikan frame alumunium Mi Note terasa lembut dan ringan saat Gayafone menyentuhnya. lekukan pada panel belakang yang dibuat secara 3D membuat ketebalan ponsel ini lebih tipis, bisa terlihat dan dirasakan pada sisi kiri kanan ponsel saat user memegangnya. 
        Seperti varian Mi lainnya Xiaomi Mi Note ini menganut model ponsel unibody, memiliki layar terbentang seluas 5.7in dengan resolusi FHD 1080 x 1920 pixels yang telah diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 3, selain itu layar pada ponsel ini telah mengadopsi teknologi layar 2,5D. Ketajaman,  lebar rentang kecerahan dan ragam warna  layar yang dihasilkan cukup memuaskan, Meskipun banyak beberapa user mengeluhkan kekuningan pada layar, namun bagi Gayafone tidak menjadi kendala, malah lebih nyaman menatap layar dengan durasi yang lama, karena pada dasarnya retina mata manusia lebih bersahabat pada warna kuning dari pada putih atau biru.
    
       
        Pada bagian belakang ponsel, tampak tekstur bahan bambu dengan logo MI yang mengkilat, samping kiri atas terdapat kamera yang posisinya rata dengan backcase (tidak menonjol), sehingga ketika disimpan dalam keadaan terlentang kaca kamera tetap terlindung, tidak lupa ada dual LED flash. Selain itu terdapat lubang speaker pada bagian sisi bawah ponsel yang berdampingan dengan port USB charger, posisi port USB ini merupakan favorit Gayafone, kenapa?? karena dengan posisi dibawah, kita tidak akan kesulitan menerima telepon meskin ponsel sedang di-charge.
  
      
        Bagian bawah layar, terdapat tombol kapasitif khas Xiaomi yang memiliki LED. Bagian atas layar terdapat logo MI, kamera, lubang speaker dan sensor. Untuk bagian sisi atas ponsel terdapat lubang mic dan jack Audio.  


        Bagian sisi samping kanan terdapat tombol power dan volume, sedangkan bagian sisi kiri terdapat tray untuk simcard.         

SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Pada awal unboxing ponsel ini, Gayafone mendapatkan rom Miui7 Global stabil versi miui 7.1.2.0 basic OS android Kitkat 4.4.4. Setelah pemakaian beberapa hari sangat puas dengan kinerja multitasking, pengaturan clockspeed dan manajemen baterai, namun saat mengetahui ada update terbaru hingga marshamallow MIUI V.8, langsung aja update via OTA. 
 

        Ada beberapa perubahan dan penambahan fitur dari MIUI 7, kali ini pada menu quick setting tidak lagi tampak semua tampil seperti pada versi sebelumnya, kita perlu menggeserkan/slide ke arah kiri untuk mencari setingan yang kita inginkan.



        Fitur-fitur baru pada MIUI 8 ini yang paling Gayafone suka adalah setelan do not disturb, setelah ini memungkinkan user bisa istirahat, bekerja ataupun tidur tanpa terganggu notifikasi dering telepon masuk dll. Fitur second space cocok sekali bagi user yang ingin merahasiakan datanya dari setiap orang yang ingin meminjam ponselnya, dengan mengaktifkan mode ini ponsel akan kembali seperti telah di reset factoy, namun setelah dikembalikan ke mode awal, semua aplikasi kembali aktif.  selain itu menjaga privasi user bisa me-lock aplikasi agar peminjam ponsel tidak bisa iseng membuka aplikasi (cocok buat user yang punya pacar banyak) dan yang terakhir fitur dual apps cocok sekali bagi user yang memiliki 2 akun dari satu aplikasi sosmed ataupun aplikasi lainnya. 

JALUR KONEKSI DAN JARINGAN

        Selanjutnya ke bagian jalur koneksi dan jaringan, ponsel Mi Note ini sudah dibekali Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, Radio FM radio, selain itu sudah support USB OTG. Untuk kebutuhan share location, pencarian alamat, ponsel ini sudah memiliki A-GPS GLONASS, BDS.
         Pada bagian jaringan, Xiaomi Mi Note telah mendukung jaringan 4G LTE, Hampir semua bisa menggunakan kartu sim 4G operator seluler di Indonesia, meskipun saat ini banyak rom ponsel Xiaomi kena imbas dikunci 4G-nya, tapi tidak berlaku buat Mi note, setelah saya update ke miui 8 jaringan LTE-nya tidak hilang. Ponsel ini mendukung dual sim tanpa ada slot micro sd, sobat Gayafone tidak perlu repot switch kartu untuk data, karena kedua slot sudah mendukung dual 4G.

Network
Technology
GSM / HSPA / LTE
2G bands
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
3G bands
HSDPA 850 / 1900 / 2100
TD-SCDMA
4G bands
LTE band 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Speed
HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS
Yes
EDGE
Yes


PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Beralih pada sektor dapur pacu pada Xiaomi Mi Note ini, meskipun spesifikasinya varian chipset kaluaran tahun kemarin, kalau soal kinerja Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 ini bekerja sangat optimal sekali, dengan inti Quad-core 2.5 GHz Krait 400 dapat membuka banyak aplikasi secara cepat. Untuk urusan pengolahan grafis dan game ponsel ini dibekali GPU Adreno 330, tapi jangan underestimate dulu GPU ini berjalan baik ketika bermain game ataupun membuka video. 
         Ram yang ditanamkan pada versi yang saya dapatkan sebesar 3GB dengan Space ram tersisa sekitar 1.4GB  kombinasi yang cukup baik dengan procesornya,  sedangkan untuk bagian penyimpanan data internal sebesar 16GB dengan sisa ruang 10GB untuk data pengguna.Tidak lupa fitur sensor yang dimiliki ponsel ini ada sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer dll. Owh iya.. khusus user fanatik audio nih, ponsel ini sudah mendukung sistem audio Hi - Fi, dimana user dapat mendengarkan musik dengan vokal lebih jelas dan bass lebih mendalam.
        Bagian hardware lainnya adalah kapasitas baterai, Xiaomi Mi Note telah dibekali baterai sebesar 3000MAH dengan model Non-removable yang mendukung fitur Fast battery charging: 60% in 30 min (Quick Charge 2.0).


PENGUJIAN

        Khusus pengujian audio, grafis dan game Gayafone akan posting review selanjutnya berbentuk video, biar lebih real dan teruji (hahaha), sementara saat ini Gayafone akan menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah biasa dipakai pada pengujian ponsel-ponsel sebelumnya. Score Antutu yang didapatkan cukup rendah sedikit dari ponsel-ponsel terkini (secara patokan jamaah antutudiyah patokan score harus 50.000 keatas hehehe) , tapi menurut Gayafone sudah melibihi ekspektasi dari sebuah ponsel yang dipatok harga murah oleh distributor. temperature procesor saat bermain game masih bisa dimaklumi, tidak terlalu panas saat menyentuh ponsel, mungkin case dengan berbahan karu ini membantu mengalirkan panas ponsel pada tangan user.



        Menilik sumber tenaga yang dipakai hanya 3000MAH dengan model Non-removable ini untuk beberapa orang mungkin kurang lama, tapi setelah Gayafone memakai ponsel ini beberapa hari ternyata diluar dugaan, ponsel dapat standby dengan layar di setel menyala terus hingga 16 jam. Pencapaian yang sungguh luar biasa ketika ponsel hanya dalam keadaan sleep dan dibuka ketika hanya ada chat masuk saja, batere ini bisa tahan satu hari lebih, warrrrbyasaahhh.

KAMERA

        Salah satu fitur yang menjadi andalan ponsel ini adalah kamera, dengan dibekali kamera belakang sebesar 13MP aperture f/2.0 sensor  gen 2 Sony IMX214 CMOS yang dilengkapi dengan Optical Image Stabilization (OIS) serta didampingi oleh dual LED Flash dan kamera depan sebesar 4 MP aperture f/2.0 1/3'' sensor size, 2µm pixel size. Fitur OIS kamera belakang sangat membantu ketika user menangkap objek kamera meskipun keadaan tidak stabil sehingga hasilnya lebih tajam dan cerah. namun saat penggunaan LED Flash, hasil kamera lebih berwana warm. Tidak kalah dengan yang primer, kamera selfienya pun menampilkan hasil yang baik. berikut beberapa foto hasil kamera Xiaomi Mi Note. 

KAMERA DEPAN


KAMERA BELAKANG
Normal Mode
HDR Mode
Flash Mode

Normal Mode
HDR Mode
Flash Mode

MAKRO



HARGA

        Harga awal saat peluncuran ponsel ini sekitar 4.7jt-an untuk versi internal 16GB, namun seiring waktu dan tak kunjung didatangkan secara resmi ke Indonesi, ponsel ini memiliki varian harga tergantung dari toko online yang menjual, wajar saja dikarenakan hanya menyandang garansi distributor saja. Gayafone mendapatkan ponsel ini hanya sekitar 1.8jt-an di tokopedia, jadi.. tunggu apa lagi, klo tertarik langsung saja beli. 

9 comments

Assalamualikum gan,
saya baru beli nih, hp XIAOMI NOTE BAMBU nya, tetapi bahasa di dalam nya bahasa china,
dan mengadopsi O.S KITKAT 4.4.4
Bagaimana cara merubah nya ke bahasa indonesia gan?
Apakah dengan saya menaikkan versi O.S nya menjadi MARSHMALLOW di device akan tersedia Bahasa Indonesia gan?

Waalaikum salam, rom nya versi distributor??
klo veri som china, bisa pake bahasa inggris..
rom global yang ada bhs indonesia nya

Harga 2jutaan spek lumayan body anti menstrim lg.. ane dapetnya di priceza.co.id
Keren!

Gan bisa minta kontak,soalnya saya iiha pake rom distri,pengen tutor,dan tanya tanya

Siang gan.. permisi mau tanya..
1. Lubang aux tidak bisa di pakai krn dlm nya ada lampu?
2. Ketika charge hp saya langsung lag.. layar sentuh nya sulit di gerak kan.. pdhl sudah ganti charger dan kabel baru.. masih tetap sama..
3. Mau update kr miui 8 bagaimana cara nya? Langsung dari menu updater tidak keluar..

1. saya belum pernah coba
2. chargernya brati bermasalah
3. harus flash ulang lewat pc

Infrarednya gak ada ya xiaomi bambu..?

Sering banget fc kenapa ya d mi bambu ku

Apakah hp mi note bambo bisa pakai memory


EmoticonEmoticon