Sunday, April 12, 2020

Review realme 6 Pro || Selain Snapdragon 720G, Mungkin Hal Ini Yang Bikin Kamu Tertarik



        Memposisikan diri sebagai pionir smartphone yang menggunakan processor Snapdragon 720G dan memakai layar dengan refresh rate 90hz di kelas middle end tentunya menjadi nilai jual lebih buat realme 6 pro ini, bukan hanya itu saja masih ada sisi lain yang menarik dari hape ini.
        Dari segi desain cassing belakangnya ini berbahan kaca dengan tampilan efek kilat.. ya varian ini namanya lightning red.. menawan.. kombinasi hitam dan efek kilat merahnya memberikan kesan elegan, pinggiran frame berbahan logam yang dibentuk membulat memberikan kesan lebih ramah ditangan. Di sisi kanannya ini ada sensor fingerprint yang punya respon sangat baik, bagian depan  terhampar layar IPS berukuran 6.6in beresolusi FHD+ dengan refresh rate 90hz yang diproteksi gorila glass 5, jarang sekali ditemukan hp dengan harga 4 jutaan sudah punya refresh rate tinggi yang bikin lebih nyaman menatap layar meski di scrolling cepat sekalipun, klo khawatir kosumsi daya berlebih bisa pilih ke 60Hz saja. Untuk kalian yang punya tangan agak munggil, mungkin kegedean memegang hape ini.. tapi so far.. dengan layar lebar ini dah enak banget nonton video atau streaming film, layar tajam warnapun terbilang cakep.




        Spesifikasi realme 6 pro yang saya ulas ini ditenagai processor teranyar Snapdragon 720G Ram 8GB, ROM 128GB, kapasitas baterai 4300mAh dan operasi sistemnya sudah pakai basic android 10 dengan tampilan realme ui.  Ya... tampilan realme UI ini enak banget, minimalis, lebih ringan. Banyak fitur yang disematkan pada sistem UI ini, Seperti untuk kemudahan operasi ada pengaturan tipe navigasi, smart sidebar, assitive ball, dan gesture motion. Untuk keamanan selain fingerprint tadi ada fitur app lock, kid space dan lainnya. Dari segi tampilan layar fitur dark mode tentunya pasti ada disini, mengubah warna suhu layar juga bisa, lalu yang terbaru ini ada osie vision effect, fitur yang mengubah tone warna lebih colorfull pada layar tapi fitur ini hanya berfungsi di beberapa aplikasi saja.   Yang tak kalah menarik ada fitur pengubah font dan ukuran tampilan layar juga ada. Ini biasanya saya setting rata kiri atau dibikin small agar semua menu dan tampilan aplikasi nampak full dalam satu layar. Nah yang suka nonton Neflix hape ini juga support tampilan hd loh, tambah keren lagi ada juga Fitur Dolby Atmous, fitur audio mewah yang bisa kalian pilih untuk kategori movie, gaming, music, atau pilih default di smart saja. btw kualitas audio yang dihasilkan realme 6 pro terbilang cakep.




        Kombinasi spesifikasi dengan UI yang digunakan meraih score antutu 279rb-an bahkan kemarin ada yang 281rb-an. score ini melebihi score Snapdragon 730G dan mendekati raihan score processor gaming mediatek G90T. Dengan raihan score segini ga usah ragu buat maen game 3d berat sekalipun, disini saya coba maen game call of duty mobile, bisa dibilang gameplay-nya stabil dengan grafik yang tajam. Untuk aktifitas sehari-hari gayafone, baterai 4300mah realme 6 pro ini terbilang cukup meskipun kita setting layarnya di 90hz, pagi cabut charger malem hari masih ada sisa 10 atau 15 persen. Meskipun maen game secara intens baterai mulai sekarat, tenang... dengan fitur 30w flash charge realme 6 pro ini lebih cepat terisi, hanya memerlukan 1 jam saja untuk proses charging-nya, bahkan sambil digunakan saat main game, bakal lebih cepat terisi.



       Hal terakhir selanjutnya soal kamera, di bagian belakangnya ini Ada AI quad camera dengan kombinasi lensa ultra wide 8mp aperture f 2.3, lalu kamera utama 64MP aperture f 1.8, berikutnya lensa telephoto berukuran 12MP aperture f2.5 dan paling bawah lensa makro berukuran 2mp aperture f 2.4. Sedangkan kamera depan dengan desain in display screen ada lensa ultrawide 8MP aperture f 2.2 dan lensa wide 16MP aperture f2.0.
        Mungkin sebagian ada yang bingung kenapa saya sebut angka aperture pada kamera. Secara itungan, semakin kecil angka pada aperture maka semakin besar bukaan lensa yang bisa menerima cahaya lebih baik dari pada kamera dengan angka aperture yang lebih besar, misal aperture f1.8 di kamera utamanya ini punya kualitas foto lebih cerah, minim noise di saat malam hari dibanding kamera lainnya.


        Di aplikasi kameranya ini punya fitur yang okay banget ngebantu memaksimalkan tone warna pada foto..Ya fitur kombinasi HDR dan chroma boost, nah.. tambahan lagi realme 6 pro ini punya fitur super nightscape yang bikin foto lebih cerah, objek terlihat, meski saat itu dalam keadaan gelap banget, Berikut ini beberapa foto terbaik yang saya ambil dengan kamera realme 6 pro.




        Saat disiang hari hasil foto dengan kombinasi chroma boost dan hdr memang lebih mencolok warnanya, meski beberapa orang mungkin ada yang kurang suka, tapi klo saya hasil foto seperti ini memberikan kesan yang lebih kuat. Nah yang suka telephoto,hasilnya lumayan cukup buat mengobati rasa penasaran benda apa yang ada jauh sana, kali aja mo cek rumah mantan dari jauh juga bisa.



      Untuk foto bokeh, pastikan fokus yang diambil dan jarak hpnya pas dengan objek foto, biar hasilnya maksimal.





        Di malam hari, klo di set secara auto seolah-olah foto terhalang kabut, ga terlalu detail, ya kayak blur tipis. Nah saya saranin aktifkan chroma boost dan hdr untuk hasil yang lebih detail atau kalau gelap banget, pake fitur super nightscape.




      Foto selfie di siang hari atau di tempat dengan cahaya yang bagus untuk kamera utama cakep lah.. warna terlihat natural..tajam dan cerah. Tapi kalau malam hari atau kondisi memang terlalu gelap  lebih baik pake fitur screenflash-nya agar noise tidak terlalu keliatan.
      Nah.. untuk videonya realme 6 pro ini punya fitur UIS yang bikin video lebih stabil dan bisa merekam video dengan fitur bokeh secara life time.
       Smarphone realme 6 pro ini memberikan fitur dan spesifikasi yang cukup maksimal dikelasnya, meski banyak yang mengeluh layar bukan amoled dan tidak support nfc, tapi masih ada sisi yang lebih baik dibanding kompetitor dengan harga yang sama… Ok.. sekian saja.. sampai jumpa dipostingan berikutnya.

VIDEO



EmoticonEmoticon