Thursday, May 12, 2016

Review Xiaomi Redmi 3 : Smartphone Cantik dengan Segala Kemewahan


        Keberhasilannya menarik perhatian para pengguna smartphone di Indonesia sungguh mengejutkan, penjualan resmi diawali dengan series Xiaomi redmi 1s mendongkrak popularitas hingga bisa bersaing dengan merk-merk smartphone yang lebih lama dikenal di Indonesia. Namun akhir-akhir ini perwakilan Xiaomi Indonesia belum launching kembali produk barunya, padahal diluar sana sudah beberapa series yang sudah dikenalkan dalam event-event bergengsi. untuk para penggemar xiaomi masih bisa terobati dengan pilihan Xiaomi bergaransi distributor, Salah satu nya Xiaomi Redmi 3 yang akan Gaya bahas dalam postingan kali ini.

PENGEMASAN

        Berbeda dengan kemasan produk Xiaomi sebelumnya yang selalu di dominasi dengan warna coklat berbahan kertas daur ulang, kini kemasan Xiaomi Redmi 3 keluar dengan tampilan warna putih dan gambar yang berwarna. berikut isi dari paket Xiaomi Redmi 3 :
  • Handset/Device Xiaomi Redmi 3
  • Kabel data
  • Kunci pembuka tray
  • Charger
  • Kartu garansi distributor
  • Buku panduan

UNBOXING



DESAIN DAN BODY

        Untuk urusan desain, Gaya sangat terkesan dengan detail Xiaomi Redmi 3,  dengan sentuhan berbahan material metal alumunium Alloy garis-garis diamond pada belakang case dan warna mengkilat pada bagian samping layar membuat Xiaomi Redmi 3 ini terkesan mewah dan elegan, lekukan yang indah pada bagian samping membuat smartphone ini jadi lebih cantik. 
        Awal mula sebelum membuka kemasan Xiaomi redmi 3 ini, Gaya menerka bobot redmi 3 ini pasti berat dan memiliki body tebal karena dipadukan dengan batere 4100mah, namun ternyata salah, body-nya sangat ringan, tidak terlalu tebal dan pas digenggam. Mata ini sangat dimanjakan dan sejuk melihat tampilan dari Xiaomi Redmi 3 ini karena karena dengan ukuran  Layar 5 inchi yang telah terproteksi Dragontrail Glass dengan mangadopsi teknologi IPS beresolusi 720 x 1280 pixels dan mempunyai kerapatan layar hingga 294 dpi sudah menjadi standar dari ketajaman sebuah layar. 
         Xiaomi Redmi 3 ini menganut model unibody, sehingga kesing belakang tidak bisa dilepas. Pada bagian atas layar disematkan kamera 5MP dan lubang speaker yang bersebelahan dengan sensor. Sedangkan pada bagian bawah memiliki tombol capacitive tanpa lampu led, sedikit berbeda dengan versi Redmi sebelumnya, Xiaomi Redmi 3 ini lebih mirip Xiaomi Mi4i. Beralih ke bagian samping kanan, ada tombol volume dan power, di sebelah samping kiri ada sim tray untuk pemasangan simcard dan memory. Pada bagian atas ada lubang jack audio dan infrared (lumayan bagus bisa difungsikan sebagai remote TV, Tape player, VCD player dll), bagian samping bawah ada lubang usb dan microphone dan yang terahir bagian belakang disematkan kamera 13MP yang bersanding dengan LED flash.  

 


SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

         Sistem operasi yang ditanamkan pada Xiaomi Redmi 3 cukup up to date yakni android 5.1.1 Lolipop dan rencana ke depan akan mendapatkan update OS terbaru Marshmallow. Untuk tampilan antarmuka pengguna, Xiaomi adalah jagonya, berbeda dengan tampilan bawaan android, Xiaomi Redmi 3 tampil dengan tampilan  MIUI yang lebih simple, menarik tanpa menu drawer membuat pengguna lebih cepat berinteraksi dengan aplikasi. Beberapa Xiaomi Redmi 3 dengan garansi distributor biasanya rom MIUI sudah tidak original, beberapa sudah di injek bahasa indonesia dan aplikasi Google, di satu sisi kita lebih dimudahkan dengan adanya Bahasa Indonesia tapi di sisi lain, MIUI yang kita dapatkan tidak bisa di update OTA secara berkala. Untuk rom original MIUI biasanya memiliki 4 digit, contoh yang Gaya dapatkan adalah rom original MIUI 7 version 7.1.1.0.  sehingga bisa di update OTA dengan version 7.2.4.0. Kelebihan MIUI dibanding yang lainnya adalah memiliki tema-tema menarik yang banyak sekali, meskipun sudah tertanam 5 tema pada rom bawaan, Sobat Gaya semua bisa download tema lain di aplikasi tema sesuai selera jadi tidak perlu takut bosan dengan tampilan, tinggal download saja.


JALUR KONEKSI DAN JARINGAN

        Review selanjutnya adalah bagian jalur koneksi, Xiaomi Redmi 3 sudah dibekali Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth v4.1, A2DP, Radio FM radio dan tentunya sudah support USB OTG. berbeda pada smartphone pada umumnya, Xiaomi Redmi 3 juga ditanamkan Infrared, dengan menu Mi Remote Sobat Gaya semua akan dimudahkan setting untuk remote TV, VCD player dll. Selain itu juga untuk kebutuhan pencarian lokasi, lock location, navigasi ke suatu tempat, Redmi 3 ini sudah dibekali A-GPS, GLONASS, BDS tentunya tidak perlu khawatir jikalau Sobat Gaya bepergian tanpa membawa peta.
        Pada bagian jaringan, Xiaomi Redmi 3 telah mendukung jaringan 4G LTE, bisa menggunakan kartu sim 4G operator seluler di Indonesia seperti Telkomsel, Indosat, XL bahkan Smartfren.  namun khusus Provider Smartfren hanya bisa dijadikan Data, Untuk layanan sms dan Telepon harus menggunakan aplikasi Smart Volte (pada sesi berikutnya akan Gayafone bahas). Xiaomi Redmi 3 ini support dual sim (Mirco sim-Nano Sim) dengan mode Sim Hybrid, Untuk menambahkan micro sd eksternal harus bergantian dengan Sim 2 (Micro SD up to 128 GB uses SIM 2 slot) Pengguna dipaksa memilih antara Dual sim tanpa memasang Micro SD Eksternal atau single sim dengan  micro sd. berikut detail lengkap Jaringannya dan beberapa screenshoot test trial menggunakan Smartfren :

Network
Technology GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE
2G bands GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
CDMA 800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 1900 / 2100
TD-SCDMA
CDMA2000 1xEV-DO
4G bands LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500)
Speed HSPA, LTE, EV-DO Rev.A 3.1 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes


PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Pada sektor Inti Xiaomi Redmi 3 telah dibekali spesifikasi yang mumpuni, dengan tenaga Octacore yang di cluster menjadi Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 berteknologi 64Bit chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616, GPU Adreno 405 yang dipercayakan untuk mengolah grafis dan game. Ram yang ditanamkan sebesar 2GB dengan Space ram skitar 978MB, namun dengan sisa ram sedikit ini, Xiaomi Redmi 3 bisa Multitasking dengan lancar. Pada bagian penyimpanan data internal telah dibekali sebesar 16GB dengan sisa ruang 9.58GB untuk data pengguna, namun tidak perlu khawatir bisa ditambahkan penyimpanan eksternal sampai 128GB dengan menggunakan slot sim 2.  Tidak lupa sensor yang ditanamkan pun sangat lengkap Accelerometer, gyro, proximity, compass
        Satu lagi yang paling penting pada bagian sesi ini adalah sumber tenaga atau batere yang ditanamkan pada Xiaomi redmi 3 cukup besar yakni sebesar 4100mah, karena Xiaomi Redmi 3 ini model unibody, jadi memerlukan alat khusus untuk melepas batere. smartphone dengan model seperti ini, memasukan simcard dan penyimpanan tambahan menggunakan kunci untuk membuka tray.

PENGUJIAN

        Untuk pengujian, seperti biasa Gaya menggunakan beberapa aplikasi seperti Antutu, Multitouch tester, sensor box, Cpu temp dll. Score antutu yang didapatkan terbilang cukup di kelasnya, yang Gaya puji adalah pengendalian suhu temperature CPU yang cukup maksimal, meskipun dipakai game, Xiaomi redmi 3 tidak terlalu panas dibandingkan dengan seri qualcomm yang lain.


        Gaya beberapa kali mencoba ketahanan batere di beberapa rom Miui V. 7 ini, pada update v 7.1.1.0 batere Redmi 3 bertahan kurang lebih 1 hari 10 jam (pada versi ini Gaya mencoba aplikasi bawaan dan hanya menggunakan wifi) dengan penggunaan layar tidak terlalu banyak, pada rom update v. 7.2.4.0  batere Redmi 3 bertahan kurang lebih 1 hari 2 jam dan terakhir rom update v. 7.2.7.0 batere Redmi 3 bertahan kurang lebih 23 jam dengan pemakaian wajar chat, game, browser. Untuk screen on time kurang lebih 6-7 jam.



KAMERA

        Pada bagian kamera  Xiaomi lah jagonya, meski dibandrol murah kamera Xiaomi Redmi 3 ini jangan dianggap enteng loh, spesifikasi kamera belakang 13 MP sensor CMOS aperture f/2.0 dengan mengadaptasikan fitur phase detection autofocosus (PDAF) sehingga mampu mengambil titik focus objek dengan cepat sekali. terdapat LED Flash (hanya 1 warna saja) yang bisa membantu menangkap objek dalam keadaan gelap sedangkan untuk kamera depan disematkan lensa kamera berukuran 5 MP dengan aperture f/2.2 lebih tinggi dari seri redmi sebelumnya. Kedua kamera ini mampu mengahasilkan Video hingga resolusi Full HD 1080p@30fps. Berikut hasil foto kamera Xiaomi Redmi 3 :
kamera depan xiaomi redmi 3
kamera depan xiaomi redmi 3
kamera belakang xiaomi redmi 3
kamera belakang xiaomi redmi 3
kamera belakang xiaomi redmi 3
kamera belakang xiaomi redmi 3

HARGA

        Harga Xiaomi Redmi 3 tergolong murah, di negara asalnya hanya dibandrol sekitar 1.4jtaan namun untuk wilayah Indonesia dengan garansi distributor bervariatif, Gayafone sendiri mengoreh kocek dengan harga yang cukup tinggi dari harga normal China, wajar heheheh..saat ini harga kisaran 1.7-1.9jt bisa soba dapatkan di toko online bukalapak, tokopedia ataupun lazada.

1 comments

tapi sayangnya belom ada fingerprintnya ya...
solder listrik


EmoticonEmoticon