Friday, March 11, 2016

Review Smartfren Andromax R2 : Smartphone Stylist dari Smartfren



        Komitmen PT Smartfren Telecom,Tbk dalam membangun Koneksi cepat tiada batas memang tidak bisa diragukan lagi, dengan teknologi 4G advance dan Paket Internet True Unlimited para user Smartfren sangat dimanjakan tanpa khawatir speed internet tersendat atau pun habis kuota. Disamping itu, Smartfren Memperkenalkan Smartphone terbarunya pada bulan Februari tempo lalu. Dan kali ini Gaya akan me-review  salah satu Smartphone besutan dari Smartfren, yakni Smartfren Andromax R2.


PENGEMASAN


       Kemasan box Smartfren Andromax R2 berbeda dengan series Andromax lama, kini bernuansa merah dengan kualitas box cukup baik, tahan terhadap tekanan dan kali ini Gaya baru melihat ada icon Sinarmas di sisi samping box. seperti biasa pada paketan awal ada bonus kuota internet. berikut isi dari paket Smartfren Andromax R2 :

  • Handset/Device Andromax R2
  • Baterai
  • Headset
  • Kabel Data
  • Kunci Pembuka Tray
  • Charger
  • Starter Pack Simcard Smartfren 4G LTE
  • Buku Panduan




UNBOXING



DESAIN DAN BODY

        Desain yang dimiliki Smartfren Andromax R2 sangatlah berbeda dari pendahulunya, yang ini cakep abis, stylis, modern, bernuansa premium. Dengan balutan metal pada frame samping serta tektur Glass pada kesing belakang sungguh membuat Gaya terkagum-kagum. apalagi dengan aksen garis pada frame samping dan penempatan lubang speaker dibawah membuat terkesan Gagah dan tak perlu khawatir suara smartphonenya teredam bila disimpan dalam keadaan terlentang.
        Body Smartfren Andromax R2 terbilang tipis dan ringan dengan model unibody/batere unremovable, ukuran layar 5 inci yang telah terproteksi Dragontrail Glass. Layar telah mangadopsi IPS berteknologi OGS resolusi 720 x 1280 pixels dan mempunyai kerapatan layar hingga 294 Dpi. Tentunya  dengan spesifikasi layar seperti ini cukup tajam dan enak dipandang dari berbagai sudut. Pada bagian tombol kapasitif, selalu hadir led warna putih, tak perlu khawatir memainkan Andromax R2 dalam keadaan gelap, namun untuk Led Notification masih absen sama seperti pendahulunya.



SISTEM OPERASI DAN TAMPILAN ANTARMUKA

        Sistem operasi yang ditanamkan pada Smartfren Andromax R2 adalah android 5.1.1 lolipop dengan periode tertentu akan di update secara online untuk meningkatkan performa kinerja smartphone ini. Untuk tampilan antarmuka pengguna masih sama dengan generasi Andromax R terdahulu memakai stock rom android meskipun telah disematkan perubahan tema, itu hanya sekedar ganti icon saja, jadi kalau sobat Gaya mau menggati tampilan secara menyeluruh, harus memakai launcher pihak ketiga. Hadir pula fitur Motions & Gesture yang fungsi salah satu nya Andromax R2 bisa nyala hanya dengan dua ketukan di layar.


JALUR KONEKSI DAN JARINGAN

        Pada bagian jalur koneksi, Smartfren Andromax R2 sudah dibekali WiFi 802.11/B/G/N, Bluetooth terkini v4.0, dan sudah support USB OTG Horeeee.. akhirnya.. , dengan fitur ini semakin mudah memindahkan data langsung dari perangkat smartphone ke usb. seperti pada smartphone Andromax lainnya, jaringan Andromax R2 ini mendukung dual sim, dengan pengaturan slot Sim 1 dikhususkan untuk simcard Smartfren CDMA 1x EVDO Rev A 850 MHz, di LTE TDD B40 FDD B5/B26 dan slot Sim 2 diperuntukan simcard GSM di GSM 900/1800/1900, WCDMA 2100. tentunya selalu hadir GPS Built-in, A-GPS, GLONASS sehingga semakin cepat untuk lock location. 
 


PERANGKAT KERAS DAN SUMBER TENAGA

        Pada sektor inti Smartfren Andromax R2 dibekali dengan Processor Snapdragon 415 Octa Core 1.4 GHz Cortex A53, Adreno 405 GPU, Ram 2GB dengan free space 1GB dan internal 16GB dengan sisa ruang 10.45GB untuk data pengguna, namun tidak perlu khawatir bisa ditambahkan penyimpanan eksternal sampai 32GB. Dengan spesifikasi yang cukup baik diharapkan bekerja maksimal kinerja baik untuk melakukan aktifitas multitasking termasuk gaming, menonton film, dan mengeksplorasi internet. Sensor smartphone ini juga terbilang lengkap, Gaya sendiri selalu pakai buat nonton 3d via Cardboard Google.
        Banyak yang bertanya, mengapa di aplikasi CPU-Z terdeteksi Qualcomm Snapdragon 615, karena Qualcomm Snapdragon 415 keseluruhannya mirip, yang membedakan  Qualcomm Snapdragon 615 octacore dibagi 2 cluster, sedangkan Qualcomm Snapdragon 415 pure Octacore, lebih hebat bukan, hehehe...  Perbedaan lain dengan pendahulunya adalah beterai unremovable/tidak bisa dilepas, berkekuatan 2320mah Li-po yang secara riset lebih awet umurnya. smartphone dengan bentuk unibody ini, memasukan simcard dan penyimpanan tambahan menggunakan kunci untuk membuka tray. 


PENGUJIAN

        Untuk menguji smartphone ini, selain memakai aplikasi antutu, Cpu Temp dan sensor box, Gaya pun mencoba bermaen game Asphalt Nitro, Spider-man Ultimate Power, Fatal Fight, explore browser, cek Gps dll, dan hasil nya cukup memuaskan, semua berjalan dengan lancar. pada keadaan normal suhu menunjukan 37', setelah beberapa kali maen game. multitasking dll suhu naik hingga 55', bagian lumayan belakang cukup anget, namun ini masih diambang wajar.
        Pemakaian baterai cukup awet, dalam keadaan full on screen bisa mencapai 6 jam lebih, secara teori bila konsumsi hanya sekedar chatting browsing saja, sudah cukup charge satu kali  dalam sehari. sungguh diluar ekspetasi dengan batere 2320mah.


MULTIMEDIA

        Salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone adalah kamera, dengan kamera berkekuatan 13 MP AF BSI sensor dengan  Dual LED Flash mampu mengabadikan semua aktivitas dengan baik, meskipun dalam keadaan kurang cahaya, Smartfen Andromax R2 tetap memberikan hasil yang optimal. Fitur terbaru kini ada mode Hand Motion Control (Kinetic) yang berfungsi mengendalikan penangkapan objek kamera hanya dengan melambaikan tangan. Bagian kamera depan disematkan 5 MP wide angle dengan LED Flash dan mempunyai fitur Hand Motion Control (Kinetic)  juga.
 


KAMERA DEPAN

  
KAMERA BELAKANG
 
        Untuk fitur Video Recording kamera belakang mampu membuat video dengan kualitas 1080P dan kamera depan dengan kualitas 720P dengan spesifikasi ini dipastikan video jernih, tajam, dan cerah. Selain itu, Smartfren Andromax R dapat memutarkan video dengan kualitas 720P tanpa tersendat sendat.

        Beralih ke bagian suara, Smartfren Andromax R2 telah mendukung Dolby Digital Plus, teknologi audio yang biasa dipakai di bioskop ataupun theater. dengan fitur ini dapat menghasilkan suara yang jernih dan menggelegar, sobat Gaya bisa menyeting nya di sound notification. Aplikasi untuk menunjang kebutuhan multimedia Smartfren Andromax R2 sudah terinstal pada rom bawaan, contohnya Smart Music.



VOICE OVER LTE

        Teknologi 4G LTE saat ini telah berkembang dengan pesat, selain koneksi cepat tiada batas (khususnya paket internet True Unlimited) kini ada fitur terbaru (meskipun sudah dikenalkan beberapa tahun lalu di luar negeri), yakni Volte (Voice Over Long Term Evaluation). Teknologi VoLTE itu layanan komunikasi yang menggunakan jaringan 4G LTE dalam mengirimkan data, mulai dari SMS, suara dan video menjadi satu. Voice over LTE (VoLTE). Fitur ini hanya baru ada di Smartfren Andromax R2 dan Andromax E2 loh. Smartfren memberikan fasilitas Video Call lebih stabil tanpa hambatan, suara lebih jernih berkualitas HD dan sambungan telepon lebih cepat.



HARGA

        Ada gebrakan baru dalam hal penjualan smartphone andromax kali ini, selain dipasarkan secara offline (konter Hp dan Galeri Smartren) sobat Gaya semua bisa membeli Smartfren Andromax secara online di lazada.co.id. cukup terjangkau, hanya di bandrol Rp. 1.699.000.

2 comments

Your post really helped me figure out life, if it weren’t for your site I’d probably still be stuck in search engine world looking for all sorts of information. You know? Bye
Tangki Fiberglass
Jual Septic Tank
Jual Tangki Kimia
Jual Talang Fiber
Jual Rotameter
Tangki Panel
jual mesin ro


EmoticonEmoticon